Puspitasari, Kendy (2017) Pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap nilai mata kuliah hidrologi mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Bangunan / Kendy Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Kendy. 2016. PengaruhPemanfaatan Internet sebagaiSumberBelajarterhadapNilai Mata KuliahHidrologiMahasiswa Program StudiPendidikanTeknikBangunan. Skripsi JurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro M. Pd (II) Drs. EkoSetyawan S. T. M.T. Kata Kunci Internet sebagaisumberbelajar nilaimahasiswa Internet dapatmemberikaninformasi yang dibutuhkandalamsegalahaltermasukdalamhalpendidikan.Informasi yang didapatkandari internet cenderunglebihup to datedibandingkandenganbuku.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk (1) mengetahuiintensitaspemanfaatan internet sebagaisumberbelajar (2) mengetahuipengaruhpemanfaatan internet sebagaisumberbelajarterhadapprestasimahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunan. Penelitianinidilakukan di jurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpemanfaatan internet sebagaisumberbelajar (X) sedangkanvariabelterikatnyaadalahnilaimatakuliahHidrologimahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunan (Y). Jenispenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif. Subyekpenelitianiniadalahmahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunanpada semester genap 2013/2014 dangenap 2015/2016 yang memprogrammatakuliahHidrologidenganpopulasi 221 mahasiswa.Sampeldalampenelitianinisebanyak 69 mahasiswa yang diambilmenggunakanteknikpengambilansampelrandom sampling. Teknikpengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanangketdandokumentasi. Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisisregresi linier sederhana. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa (1) intensitaspemanfaatan internet sebagaisumberbelajarmatakuliahHidrologimahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunanjurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang masukdalamkategoritinggiyaitusebesar 27 5% (2) pemanfaatan internet sebagaisumberbelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasimahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunandengannilairhitung 0 682 rtabel 0 235. Dari hasilujihipotesispadatarafsignifikansi 5% diperolehnilaiFhitung 58 23 8805 Ftabel 3 99.Jadi hipotesisdalampenelitianinidapatditerimapadatarafsignifikansi 5%. Dari hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa (1) intensitaspemanfaatan internet sebagaisumberbelajarHidrologimahasiswa program studiPendidikanTeknikBangunanjurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang masukdalamkategoritinggi (2) pemanfaatan internet sebagaisumberbelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapnilaimatakuliahHidrologimahasiswaprogram studiPendidikanTeknikBangunan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44292 |
Actions (login required)
View Item |