Perbedaan faktor penyebab motivasi belajar pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak antara siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Fachryan Kamal Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan faktor penyebab motivasi belajar pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak antara siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Fachryan Kamal Faruq

Faruq, Fachryan Kamal (2017) Perbedaan faktor penyebab motivasi belajar pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak antara siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang / Fachryan Kamal Faruq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faruq Fachryan Kamal. 2016. Perbedaan Faktor Penyebab Motivasi Belajar pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak antara Siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata kunci faktor penyebab motivasi belajar sekolah negeri dan swasta Motivasi merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar sehingga besar sekali pengaruhnya terhadap pencapaian tujuan seseorang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang motivasi siswa SMK Negeri motivasi siswa SMK Swasta dan perbedaan faktor penyebab motivasi belajar siswa SMK Negeri dengan SMK Swasta pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Nasional Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang menempuh mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang SMK Negeri 1 Singosari dan SMK Nasional Malang. Subjek penelitian ini adalah 116 siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut (1) Siswa Kelas XI SMK Negeri mempunyai motivasi belajar pada faktor internal dengan kategori tinggi sebanyak 46 51% sedangkan pada faktor eksternal dengan kategori tinggi sebanyak 41 86% sehingga tingkat motivasi belajar siswa dominan dalam kategori tinggi . (2) Siswa Kelas XI SMK Swasta mempunyai motivasi belajar pada faktor internal dengan kategori tinggi sebanyak 36 67% sehingga tingkat motivasi belajar pada faktor eksternal siswa dominan dalam kategori tinggi sedangkan pada faktor eksternal dengan kategori rendah sebanyak 43 33% sehingga tingkat motivasi belajar pada faktor eksternal siswa dominan dalam kategori rendah . (3) Motivasi belajar siswa SMK Negeri untuk mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak paket keahlian Teknik Gambar Bangunan lebih besar dari pada SMK Swasta perbedaan tersebut tampak pada motivasi eksternal yang dipengaruhi oleh sarana dan prasarana serta peran orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44290

Actions (login required)

View Item View Item