Penerapan metode pembelajaran community untuk meningkat-kan prestasi belajar pada mata pelajaran mekanika teknik Pro-gram Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari kelas X TKBB / Ika Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran community untuk meningkat-kan prestasi belajar pada mata pelajaran mekanika teknik Pro-gram Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari kelas X TKBB / Ika Wahyuni

Wahyuni, Ika (2017) Penerapan metode pembelajaran community untuk meningkat-kan prestasi belajar pada mata pelajaran mekanika teknik Pro-gram Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari kelas X TKBB / Ika Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Ika. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Community untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari Kelas X TKBB. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Sutrisno S.T. Pd (II) Drs. Made Wena M.T. M.Pd Kata Kunci metode pembelajaran community prestasi belajar. Sekolah Menengah Kejuruan menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang memiliki keterampilan pengetahuan dan sikap. Pada kenyataannya SMKN 1 Singosari khususnya program keahlian teknik bangunan nilai mata pelajaran mekanika teknik masih tergolong rendah pada semester gasal tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal salah satu dari faktor ekternal yaitu guru. Tugas guru dalam mencapai tujuan pembelajaran yaitu menerapkan metode pembelajaran yang tepat ketika metode yang digunakan kurang sesuai dengan karakteristik siswa maka tujuan pembelajaran akan sulit dicapai yang berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang tidak melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Selain itu guru tidak menekankan sharing antara yang bisa ke siswa yang belum bisa pembelajaran menggunakan komunikasi satu arah dapat mengurangi kreativitas siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya. Penggunaan metode pembelajaran community merupakan alteratif untuk memperbaiki pembelajaran konvensional yang pembelajarannya berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) langkah-langkah pembelajaran community yang efektif (2) aktivitas siswa setelah penerapan pembelajaran community dan (3) prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran community.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari pada mata pelajaran mekanika teknik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKBB 2. Teknik pengumpulan data melalui tes observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai tesdilakukan dengan menggunakan data diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah pembelajaran commuity yang efektif untuk diterapkan khususnyamata pelajaran mekanika teknik yaitut (a) langkah pembukaan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia (b) penyampaian materi dengan memberikan nomor dada kepada siswa (c) pembentukan kelompok dilakukan melalui kesepakatan antara guru dan siswa (d) langkah penugasan sesuai dengan arahan guru (e) penentuan narasumber ahli dengan mempertimbangkan biaya jarak waktu dan ketersedian narasumber serta ahli dibidang statika (f) persiapan ke narasumber ahli dengan menyususn jadwal dan pertanyaan (g) pembelajaran dengan narasumber ahli didokumentasikan sebagai bukti (h) kegiatan presentasi dilakukan dengan mempertimbangkan durasi waktu dan (f) langkah penutup setiap kelompok menyimpulkan kegiatan pembelajaran.(2) aktivitas siswa dalam penerapan pembelajaran community termasuk dalam kategori baik karena mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus II sudah melebihi kriteria ketuntasan belajar klasikal 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44284

Actions (login required)

View Item View Item