Pengaruh kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terha dap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik II mahasis wa S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang / Shendi Retno Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terha dap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik II mahasis wa S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang / Shendi Retno Puspitasari

Puspitasari, Shendi Retno (2017) Pengaruh kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terha dap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik II mahasis wa S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang / Shendi Retno Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Shendi Retno. 2016. Pengaruh Kedisiplinan dan Interaksi Sosial Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Menggambar Teknik II Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M Sugandi S.T M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd Kata Kunci Kedisiplinan Interaksi Sosial Teman Sebaya Prestasi Belajar Menggambar Teknik 2 Menggambar teknik 2 merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat padaProdi S1Pendidikan Teknik Bangunan diUniversitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil survey pendahuluan dan identifikasi masalah ditemukan bahwa sebagian prestasi belajar mahasiswa angkatan 2012 pada mata kuliah menggambar teknik 2 menunjukkan hasil yangrendah maupun sangat rendah yaitu sebanyak 46%. Hal tersebut disebabkan karena keterampilan masing-masing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas mata kuliah menggambar teknik 2 beragam. Kurangnya keterampilan dapat berakibat pada rendahnya motivasi belajar menggambar teknik 2 sehingga dapat berdampak pada menurunnya prestasi belajar mahasiswa. Kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya dapat digunakan sebagai pemecahan masalah terhadap peningkatan prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik 2. Mahasiswa dengan sikap kedisiplinan yang tinggi akan berusaha untuk menemukan pemecahan masalah demi hasil yang memuaskan salah satunya dengan melakukan interaksi sosial teman sebaya.Sikap kedisiplinan yang dimiliki dan interaksi sosial yang terjalin antara mahasiswa dan teman sebaya diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Berdasarkan penjelasan diatas rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1)Bagaimana kedisiplinan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan yang memrogram mata kuliah menggambar teknik 2 tahun ajaran 2015/2016 (2)Bagaimana interaksi sosial teman sebaya mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan dalam pembelajaran mata kuliah menggambar teknik 2 tahun ajaran 2015/2016 (3)Bagaimana prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunanpada tahun ajaran 2015/2016 (4) Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan (5) Apakah terdapat pengaruh interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan (6) Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar mata kuliah menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang yang memprogram mata kuliah menggambar teknik 2 pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan didapat sampel mahasiswa sebanyak 77 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar menggambar teknik 2 tahun ajaran 2015/2016. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dan analisa regresi berganda dengan asumsi klasik berupa uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis yang telah diolah diperoleh kesimpulan data sebagai berikut (1) Kedisiplinan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah menggambar teknik 2 menunjukkan nilai presentase sebesar 76% dan termasuk didalam kriteria baik yang terdiri dari sub variabel disiplin positif sebesar 72% dan sub variabel disiplin negatif sebesar 79% (2) Interkasi sosial teman sebaya mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah menggambar teknik 2 menunjukkan nilai presentase sebesar 72% dan termasuk didalam kriteria baik yang terdiri dari sub variabel kerjasasma sebesar 77% sub variabel persaingan sebesar 61% sub variabel akomodasi sebesar 76% dan sub variabel akulturasi sebesar 75%. (3) Prestasi belajar mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan pada mata kuliah menggambar teknik 2 tahun ajaran 2015/2016 menunjukkan rerata nilai angka sebesar 3.0 termasuk pada kriteria baik. (4) nilai thitung ttabel dan nilai p(sig) sebesar 0 00 945 sebesar 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan. (5) nilai thitung ttabel dan nilai p(sig) sebesar 0 00 945 sebesar 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan. (6) nilai fhitung ftabel dan nilai p(sig) sebesar 0 00 945 sebesar 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan dan interaksi sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar menggambar teknik 2 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44278

Actions (login required)

View Item View Item