Erlambang, Setyo Juni (2017) Penggunaan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran konstruksi beton bertulang teknik konstruksi batu dan beton di SMK Negeri 1 Madiun / Setyo Juni Erlambang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Erlambang SetyoJuni. 2016. Penggunaan Multimedia UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa Mata PelajaranKonstruksiBetonBertulangTeknikKonstruksiBatudanBeton di SMK Negeri 1 Madiun. Skripsi Program Studi S1 PendidikanTeknikBangunan FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd. (II) Drs. EkoSuwarno M.Pd. Kata kunci multimedia hasilbelajar Metodepembelajarankonvensionalyaitupembelajarandenganceramahdan power point dalambentuk slide sajapadapembelajaranKonstruksiBetonBertulangmembuatkurangnyawawasandangambaransiswatentangteoripengecoranbeton. Pembelajaranmenjadikurangefektifdanberdampakpadahasilbelajarsiswa.Olehkarenaitudenganmetodepembelajaran multimedia materipembelajarandapatdivisualisasikandalambentukgambar animasidan video sehinggalebihmudahdipahamisiswa.Pembelajaranmenjadilebihefektif menarikdanhasilbelajarmeningkat.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahapakahpembelajaranmenggunakan multimedia mampumeningkatkanhasilpembelajaransiswapadamatapelajarankonstruksibetonbertulang di SMK Negeri 1 Madiun Penelitianinimenggunakanmetodepenelitian quasi eksperimendesainyaitueksperimensederhanadenganmembandingkanhasilbelajarsiswadenganpembelajarankonvensionaldanhasilbelajarsiswadenganpembelajaran multimedia.Sampeldalampenelitianiniadalahsiswakelas XII TeknikKonstruksiBatudanBetonkelompokeksperimensebanyak 16 siswa danSiswakelas XII TeknikKonstruksiBatudanBetonkelompokkontrolsebanyak 16 siswa. Tekniksampelmenggunakantekniksampeljenuh.Pengumpulan data menggunakannilaites.Analisismenggunakanuji t. Hasilanalisis data menunjukkansiswakelompokeksperimenmendapatnilai rata-rata 86 25 dansiswakelompokkontrolmendapatnilai rata-rata 76 00 sehinggasiswakelompokeksperimendenganpembelajaran multimedia mendapatnilai rata-rata lebihtinggidibandingkandengansiswakelompokkontrolyang menggunakanmetodepembelajarankonvensional. Dari ujihipotesisdenganmenggunakanuji t padasignifikansi 0 01diperoleh t-hitung 7 269 dan t-tabel 2 750 sehingga t-hitung t-tabel. Sehinggaterdapatperbedaan yang signifikanyaituhasilbelajarsiswakelompokeksperimenlebihtinggidibandingkandenganhasilbelajarsiswakelompokkontrol. Berdasarkanhasilpenelitiandapatditarikkesimpulanbahwapembelajarandenganmenggunakan multimedia padamatapelajarankonstruksibetonbertulangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntuklebihmengembangkanpembelajaranberbasis multimedia untukmatapelajarankonstruksibetonbertulang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44274 |
Actions (login required)
View Item |