Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto

Agusdianto, Mohammad Faroq Dwi (2017) Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agusdianto, Mohammad FaroqDwi. 2016. Evaluasi Program PembelajaranMenggunakanPendekatanSaintifikpadaKelompok Mata PelajaranProduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Program StudiPendidikan Teknik Bangunan, JurusanTeknikSipil, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II)Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Katakunci:evaluasi, program pembelajaranpendekatansaintifik, matapelajaranproduktif. Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmerupakansalahsatuelemen yang pentingdalamkurikulum 2013.Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikpadakurikulum 2013 dapatdigunakanuntukmengetahuikemampuansertakeberhasilansiswadalampencapaiantujuanpembelajaran yang menghasilkanpesertadidikproduktif, kreatif, inovatifdanafektif.Penelitianinibertujuanuntuk: (1) mengetahuiinput program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik; (2) mengetahui proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik; dan (3) mengetahuiproduk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptifevaluatifdenganpendekatan stake. Populasidalampenelitianiniadalah program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Teknikpengambilansampelmenggunakantekniksensus.Teknikpengumpulan data menggunakanangketdenganskalalikert.Teknikanalisis data menggunakandeskriptif. Hasilpenelitiansebagaiberikut: (1) Input program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodilihatdarikesiapan guru denganskorreratasebesar 76,93 masukkategoribaik, kesiapansiswadenganskorrerata 64,77masukkategoricukup, sedangkankesiapansaranapendukungdenganskorrerata 55,68 masukkategorikurang, (2) Proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodenganskorrerata 69,77 masukkategoricukup, (3) Produk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodengancapaiannilaihasilbelajarsiswarerataskor 61,91masukkategoricukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44273

Actions (login required)

View Item View Item