Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto

Agusdianto, Mohammad Faroq Dwi (2017) Evaluasi program pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada kelompok mata pelajaran produktif keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Mohammad Faroq Dwi Agusdianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agusdianto Mohammad FaroqDwi. 2016. Evaluasi Program PembelajaranMenggunakanPendekatanSaintifikpadaKelompok Mata PelajaranProduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Program StudiPendidikan Teknik Bangunan JurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II)Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Katakunci evaluasi program pembelajaranpendekatansaintifik matapelajaranproduktif. Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmerupakansalahsatuelemen yang pentingdalamkurikulum 2013.Pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikpadakurikulum 2013 dapatdigunakanuntukmengetahuikemampuansertakeberhasilansiswadalampencapaiantujuanpembelajaran yang menghasilkanpesertadidikproduktif kreatif inovatifdanafektif.Penelitianinibertujuanuntuk (1) mengetahuiinput program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik (2) mengetahui proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik dan (3) mengetahuiproduk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptifevaluatifdenganpendekatan stake. Populasidalampenelitianiniadalah program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggo.Teknikpengambilansampelmenggunakantekniksensus.Teknikpengumpulan data menggunakanangketdenganskalalikert.Teknikanalisis data menggunakandeskriptif. Hasilpenelitiansebagaiberikut (1) Input program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodilihatdarikesiapan guru denganskorreratasebesar 76 93 masukkategoribaik kesiapansiswadenganskorrerata 64 77masukkategoricukup sedangkankesiapansaranapendukungdenganskorrerata 55 68 masukkategorikurang (2) Proses program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodenganskorrerata 69 77 masukkategoricukup (3) Produk program pembelajaranmenggunakanpendekatansaintifikmatapelajaranproduktifKeahlianTeknikGambarBangunan SMK N 2 Probolinggodengancapaiannilaihasilbelajarsiswarerataskor 61 91masukkategoricukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44273

Actions (login required)

View Item View Item