Pengaruh faktor ekstrinsik dan intrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Myan Nawatur Rizka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor ekstrinsik dan intrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Myan Nawatur Rizka

Rizka, Myan Nawatur (2017) Pengaruh faktor ekstrinsik dan intrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Myan Nawatur Rizka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizka Myan Nawatur. 2016. Pengaruh Faktor Ekstrinsik dan Intrinsik terhadap Pemilihan Program Studi Menurut Persepsi Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang.Skripsi JurusanTeknikSipil FakutasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd M.T. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci faktor ekstrinsik faktor intrinsik pemilihan program studi Beragam jurusan yang terdapat di perguruan tinggi memberikan pilihan pada calon mahasiswa untuk memilih program studi yang diinginkan. Setiap mahasiswa mempunyai pertimbangan yang berbeda dalam memilih program studi karena mereka mempunyai visi dan misi yang berbeda. Pertimbangan tersebut meliputi faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. Banyaknya pertimbangan mahasiswa dalam memilih program studi merumuskan faktor yang mempengaruhi pemilihan perlu dilakukan. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai faktor yang mempengaruhi pemilihan program studi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tingkat pengaruh faktor ekstrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil (2) mendeskripsikan tingkat pengaruh faktor intrinsik terhadap pemilihan program studi menurut persepsi mahasiswa Jurusan Teknik Sipil. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner. Data angket/kuesioner dalam penelitian ini untuk variabel faktor ekstrinsik dan variabel faktor intrinsik. Kegiatan analisis data dimulai dari tabulasi (skoring) data dan analisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pertama faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 PTB adalah lingkungan keluarga sebesar 63 07% sedangkan yang terkecil adalah teman sebaya sebesar 47 34%. Faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi D3 TSB adalah lingkungan masyarakat sebesar 67 78% sedangkan yang terkecil adalah lingkungan keluarga sebesar 63 94%. Faktor ekstrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 TS adalah lingkungan keluarga sebesar 65 18% sedangkan yang terkecil adalah teman sebaya sebesar 51 50%. Kedua faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 PTB adalah cita-cita sebesar 79 38% sedangkan yang terkecil adalah bakat sebesar 61 76%. Faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi D3 TSB adalah bakat sebesar 66 81% sedangkan yang terkecil adalah cita-cita sebesar 53 19%. Faktor intrinsik yang berpengaruh terbesar pada mahasiswa Program Studi S1 TS adalah cita-cita sebesar 74 51% sedangkan yang terkecil adalah bakat sebesar 60 30%. Disimpulkan bahwa faktor ekstrinsik yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa S1 PTB dan S1 TS dalam pemilihan program studi adalah lingkungan keluarga dan untuk mahasiswa D3 TSB adalah lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor intrinsik yang paling dominan mempengaruhi mahasiswa S1 PTB dan S1 TS dalam pemilihan program studi adalah cita-cita dan untuk mahasiswa D3 TSB adalah bakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44270

Actions (login required)

View Item View Item