Pemahaman guru terhadap tingkat ranah soal yang disusun pada keahlian teknik bangunan SMK di Mojokerto / Isma Sofiana

Sofiana, Isma (2016) Pemahaman guru terhadap tingkat ranah soal yang disusun pada keahlian teknik bangunan SMK di Mojokerto / Isma Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sofiana, Isma. 2016. Pemahaman Guru terhadap Tingkat Ranah Soal yang Disusun pada Keahlian Teknik Bangunan SMK di Mojokerto. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd, (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd. Kata Kunci: pemahaman guru, tingkat ranah, soal ujian, pengalaman kerja guru Perkembangan globalisasi saat ini menuntut bangsa Indonesia untuk maju dalam segala aspek, terutama aspek pendidikan. Tenaga pendidik hendaknya memiliki kemampuan profesional sebagai guru, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam penilaian pembelajaran, serta dapat memahami cara membuat soal dengan kualitas tinggi dan memahami dengan benar tingkatan ranah yang akan digunakan dalam menyusun soal. Sebab tidak sedikit guru yang lupa tentang teori tingkat ranah, bagaimana cara penerapan teori tingkat ranah tersebut dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan yang membahas secara khusus mengenai sistem penilaian secara tuntas. Masalah yang terjadi dari beberapa penelitian lain, ditemukan terjadi salah pengertian antara ranah kognitif yang ditetapkan oleh guru dengan ranah kognitif yang sebenarnya menurut Taksonomi Bloom dan soal yang dibuat masih pada tingkatan pengetahuan dan pemahaman saja, sehingga soal tidak dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pembahasan mengenai pemahaman guru terhadap tingkat ranah soal ujian. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat ranah soal ujian; (2) mendeskripsikan pemahaman guru tentang tingkat ranah soal ujian; (3) mengetahui hubungan antara pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat ranah soal ujian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Data angket/kuesioner dalam penelitian ini untuk variabel pengalaman kerja guru. Data dokumentasi dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester dan kisi-kisi tingkat ranah soal ujian. Kegiatan analisis data dimulai dari pengkategorian tingkat ranah soal menurut Taksonomi Bloom, penyesuaian tingkat ranah soal yang dibuat guru dengan tingkat ranah soal menurut Taksonomi Bloom, tabulasi (skoring) untuk setiap jawaban pada item variabel dan analisis hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan pertama, soal-soal ujian yang dibuat guru terdiri 55,03% soal tingkat ranah mengingat (C1), 23,97% soal tingkat ranah memahami (C2), 20,28% soal tingkat ranah mengaplikasi (C3), 0,72% soal tingkat ranah menganalisis (C4), 0% soal tingkat ranah mengevaluasi (C5), dan 0% soal tingkat ranah mencipta (C6). Kedua, pemahaman guru terhadap soal yang disusun adalah tingkat ranah mengingat (C1)= 90,73%, tingkat ranah memahami (C2)= 50,69%, tingkat ranah mengaplikasi (C3)= 92,11%, dan tingkat ranah menganalisis (C4)= 50,43%. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengalaman kerja dengan pemahaman guru tentang tingkat ranah soal ujian dengan nilai r= 0,481 dan sig. (1-tailed)= 0,000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44269

Actions (login required)

View Item View Item