Perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa SMK / Wahyu Eka Satya Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa SMK / Wahyu Eka Satya Utama

Utama, Wahyu Eka Satya (2016) Perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa SMK / Wahyu Eka Satya Utama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utama WahyuEka Satya. 2016. Perbedaan Gaya BelajarterhadapHasilBelajarSiswa SMK. Skripsi JurusanTeknikSipil FakultasTeknik UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. Kata Kunci gaya belajar hasil belajar Rata-rata nilaiaslisiswaPaketKeahlianTeknikKonstruksiBatudanBetonSMK Negeri 1 Singosari dalamkategorirendah.Selain rendahnya hasil belajar minatbelajarsiswajuga sangatrendah. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adalah gaya belajar.Untuk menjawab permasalahan tersebut maka penulis mengambil judul perbedaan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa hasil belajar siswa dan perbedaan gaya belajar VAK (visual auditorial kinestetik) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksplanatoris dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel sejumlah 179 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif analisis anova satu jalur dan analisis anova faktorial. Hasilpenelitiandidapatkangaya belajar siswaSMK Negeri 1 Singosari PaketKeahlianTeknikKonstruksiBatudanBeton didominasi oleh siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dengan prosentase 45 81%. Hasil belajar sebagianbesarsiswa mendapatkannilai di bawah 75 sehingga hasil belajar mata diklat produktif tergolong rendah. Ada perbedaan yang signifikanantaragayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa pada matadiklatproduktif. Secara umum gaya belajar kinestetik paling unggul pada mata diklat produktif. Secara kelompok gayabelajar visual unggulpadakelompokteori sedangkangayabelajarauditorialunggulpadakelompokteoripraktik dangayabelajarkinestetikunggulpadakelompokpraktik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44267

Actions (login required)

View Item View Item