Evaluasi kinerja angkutan umum: studi kasus jalur Hamid Rusdi-Kepanjen-Karangkates / Ogy Harya Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja angkutan umum: studi kasus jalur Hamid Rusdi-Kepanjen-Karangkates / Ogy Harya Putra

Putra, Ogy Harya (2016) Evaluasi kinerja angkutan umum: studi kasus jalur Hamid Rusdi-Kepanjen-Karangkates / Ogy Harya Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putra Ogy Harya. 2016. Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Studi Kasus Jalur Hamid Rusdi-Kepanjen-Karangkates. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Pranoto S.T. M.T. (II) Drs. Sugiyanto S.T. M.T. Kata kunci kinerja angkutan umum angkutan jalur Hamid Rusdi-Kepanjen-Karangkates. Kota Malang dan kabupaten Malang merupakan wilayah yang terus mengalami perkembangan baik disektor bisnis pendidikan dan pariwisata. Perkembangan tersebut menuntut diperlukannya sarana transportasi yang mampu mendukung mobilitas masyarakat. Salah satu jalur angkutan umum di wilayah Malang yang beroperasi adalah jalur Hamid-Rusdi-Kepanjen-Karangkates. Jalur ini menghubungkan kota Malang dengan Kepanjen. Permasalahan yang sering muncul di lapangan seperti penyimpangan trayek angkutan berputar balik di tengah perjalanan adanya supir yang mengangkut penumpang melebihi kapasitas dan tidak adanya jadwal yang tetap dan teratur mengakibatkan masyarakat kurang tertarik untuk menggunakan angkutan umum. Melihat kondisi tersebut maka perlu adanya evaluasi mengenai kinerja angkutan umum untuk trayek Hamid-Rusdi-Kepanjen-Karangkates untuk meminimalisir permasalahan yang berkaitan dengan lalu lintas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mengetahui kinerja angkutan umum trayek Hamid Rusdi Kepanjen Karangkates (2) mengetahui jumlah kebutuhan armada angkutan umum trayek Hamid Rusdi Kepanjen Karangkates. Pengumpulan data menggunakan metode survei offboard dan onboard. Parameter kinerja dan operasi angkutan adalah load factor headway waktu tempuh waktu henti kecepatan kendaraan dan penentuan jumlah armada. Hasil penelitian menunjukkan (1) load factor offboard rata-rata per hari sebesar 29 2% sedangkan load factor onboard arah Gadang-Kepanjen begitu juga sebaliknya rata-rata berkisar antara 27 78-34 77% menunjukkan load factor masih di bawah kategori ideal yaitu 70% (2) waktu tempuh keseluruhan perjalanan adalah 35 5 menit (3) waktu henti di Gadang rata-rata 14 menit artinya belum memenuhi standar dan di pasar Kepanjen sudah memenuhi standar dengan rata-rata 3 menit (4) kecepatan rata-rata kendaraan yaitu 29 45 km/jam (5) headway di pasar Kepanjen rata-rata sebesar 8 menit sedangkan headway di Gadang rata-rata sebesar 9 menit keduanya termasuk headway ideal (6) waktu sirkulasi per hari 94.06 menit dengan jumlah armada per waktu sirkulasi 11 unit sedangkan kebutuhan jumlah armada pada periode sibuk mulai pukul 06.00-08.00 sebanyak 15 unit. Kondisi riil di lapangan masih terlalu banyak armada yang beroperasi yaitu 42 kendaraan jadi untuk penambahan jumlah armada pada trayek Hamid Rusdi Kepanjen Karangkates belum diperlukan saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44265

Actions (login required)

View Item View Item