Penyebab kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Wlingi km 0.000-Kesamben km 12.000 / Faris Nofiananda Nurbayti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyebab kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Wlingi km 0.000-Kesamben km 12.000 / Faris Nofiananda Nurbayti

Nurbayti, Faris Nofiananda (2016) Penyebab kecelakaan lalu lintas pengguna sepeda motor pada ruas jalan Wlingi km 0.000-Kesamben km 12.000 / Faris Nofiananda Nurbayti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nofiananda Faris. 2015. PenyebabKecelakaanLalu Lintas PenggunaSepeda Motor padaRuasJalanWlingi Km 0.000 Kesamben Km 12.000.Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. Pembimbing (II) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. Kata Kunci Penyebab kecelakaanlalulintas sepeda motor Penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi sudah menjadi kegemaran atau bahkan gaya hidup di banyak negara berkembang seperti Indonesia hal ini karenasepeda motor mudahdigunakan di kota-kotauntukmenempuhjarakdekatmisalnyaantararumahdantempatbekerjakarenatransportasiadalahhal yang sangatpentingmakadampakdaritransportasiyaitukeselamatanharusdiutamakan. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan pencatatan data yang ada di lapangan.(1) data primer seperti karakteristik pengendara sepeda motor bangunan pelengkap jalan (Rambu marka dan penerangan jalan) aspek permukaan jalan (kondisi fisik jalan) daerah rawan kecelakaan (2) data sekunder seperti data jumlah kecelakaan satlantas kab. Blitar (faktor penyebab kecelakaan usia pelaku lokasi kejadian jenis kelamin pelaku profesi pelaku kondisi korban dan kelengkapan SIM. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) karakteristik pengendara pengguna sepeda motor pada daerah rawan kecelakaan di jalur Wlingi Pagergunung Kesamben dan (2) kondisi jalan dan lingkungan pada daerah rawan kecelakaan di jalur Wlingi Pagergunung Kesamben.Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan data yang diperoleh berupa data sekunder dari Satlantas di mulai bulan Januari 2010sampai dengan bulan Desember 2013 dan data primer berupa kuesioner dan kondisi jalan dan lingkungan pada daerah rawan kecelakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor perilaku pengendara penyebab kecelakaan lalulintas tertinggiyang diakibatkan olehKecakapan (6%) Kurang antisipasi(30%) Lengah (24%) Mengantuk (12%) Mabuk (5%) Jarak rapat (18%) Manusia sebagai pejalan kaki (5%). FaktorjalandanlingkunganpadaruasjalanWlingi-Kesambenturutmenyumbangtingginyaangkakecelakaandenganprosentasesebesar 22 96% kondisi jalan (15%) perubahan arah jalan (5%) rambu lalu lintas (6%) penghalang pandangan (7 5%) keadaan yang mengurangi penglihatan(62 5%) penerangan jalan (10%) dan marka jalan (9 8%).Daerah rawankecelakaantertinggipadaruasjalanWlingi-Kesambenterletak di DesaSiramansampaiDesaKesambendengan total 95 kejadian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44262

Actions (login required)

View Item View Item