Pelaksanaan pembelajaran soft skill Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Wonosari Kabupaten Madiun / Yudha Bagus Hadwiyono

Hadwiyono, Yudha Bagus (2016) Pelaksanaan pembelajaran soft skill Program Keahlian Bangunan SMKN 1 Wonosari Kabupaten Madiun / Yudha Bagus Hadwiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hadwiyono, Yudha Bagus. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Soft skillProgram Keahlian Bangunan SMK N 1 Wonoasri Kabupaten Madiun, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II)Drs. Mujiyono, M.Pd. Kata kunci: Soft skill, Pembelajaran, Sekolah Menengah Kejuruan PembelajaranSoft skillsangatpentingdiberikanpadapesertadidikSekolahMenengahKejuruan (SMK) yang merupakansekolahdengantujuanmempersiapkanlulusanmemasukiduniakerjasetelahlulusdarisekolah. Penelitianinibertujuanuntuk: 1) mengetahuiperencanaan pembelajaran Soft skill; 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Soft skill; dan 3) mengetahui penilaian Pembelajaran Soft skilldi Bidang keahlian Bangunan SMKN 1 Wonoasri Kabupaten Madiun. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan datadeskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa dan 8 guru dibidang keahlian konstruksi kayu. Data dianalisis dengan satistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran Soft skill di SMK N 1 Wonoasri Kabupaten Madiun termasuk dalam kategori baik. Hal ini di tunjukkan oleh rerata hasil perencanaan pembelajran Soft skill yang di susun oleh guru sebesar79,69dalamkategoribaik, pelaksanaan pembelajaran Soft skill yang dilakukan oleh guru dengan rerata sebesar79,08 dalam kategori baik, dan penilaian pembelajaran Soft skill mendapatkan rerata sebesar 80,71dalam kategori baik. Saran untuk kepala sekolah perlu mengoptimalkan lagi dengan perbaikan fasilitas-fasilitas pendukung pembelajaran Soft skill. Perbaikan fasilitas untuk merangsang siswa dalam memecahkan masalah dengan menyediakan sarana komputer dan internet. Sehinggasiswa SMK yang telahlulusmemilikikarakter yang kuat, berdayasaingtinggidalammenghadapitantangandunia kerjadenganperkembanganteknologi yang semakinberkembang. Untuk guru Dalam proses belajarmengajar, hendaknya guru lebih memberi contoh untuk kedisiplinan dengan datang tepat waktu. Guru hendaknya memberikan apresiasi terhadap prestasi siswa dalam proses belajar mengajar dengan cara pemberian reward. Adapun cara sebaiknya guru dalam memberikan reward antara lain :1)pemberian kepercayaan kepada siswa, 2) pemberian senyuman, 3) menepuk punggung siswa, dan 4) memberikan hadiah kepada siswa. Supaya perencanaan alat evaluasi menjadi lebih baik, sebaiknya guru memperhatikan beberapa faktor dalam mengembangkan alat evaluasi yaitu: 1) menentukan tujuan penilaian, 2) mengidentifikasi hasil belajar, 3) menyusun kisi-kisi, 4) mengembangkan draf instrumen, 5) uji coba dan analisis soal, dan 6) revisi dan merakit soal (instrumen baru). Untuk meningkatkan penilaian kemandirian dan etika siswa, guru sebaiknya lebih mendekatkan ke personal siswa.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44258

Actions (login required)

View Item View Item