Pengaruh pemanfaatan sumber belajar berbasis web blog dalam meningkatkan hasil belajar pada matakuliah Utilitas Bangunan Jurusan Teknik Sipil / Dya Irawati Fajri

Fajri, Dya Irawati (2016) Pengaruh pemanfaatan sumber belajar berbasis web blog dalam meningkatkan hasil belajar pada matakuliah Utilitas Bangunan Jurusan Teknik Sipil / Dya Irawati Fajri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajri, Dya Irawati. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Web Blog dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Utilitas Bangunan Jurusan Teknik Sipil. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd, (II) Dr. R. M. Sugandi, S.T., M.T Kata Kunci: web blog, sumber belajar, hasil belajar. Sumber belajar memegang peran penting dalam suatu proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Data perolehan nilai Matakuliah Utilitas Bangunan semester genap tahun 2014/2015 relatif rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan sumber belajar yang belum optimal sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hasil belajar. Pemanfaatan web blog sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Sumber belajar berbasis web blog ini bisa diakses dimana-mana dan tidak terbatas dimensi waktu dan tempat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hasil belajar matakuliah utilitas bangunan pada pembelajaran menggunakan sumber belajar berbasis web blog; dan (2) perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan web blog dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Sipil Program Studi S1 Teknik Sipil Matakuliah Utilitas Bangunan. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Offering D kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan memanfaatkan web blog sebagai sumber belajar, dan Mahasiswa Offering A sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data melalui tes (post-test). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai post-test dilakukan dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil evaluasi data tersebut, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, hasil belajar Matakuliah Utilitas Bangunan menggunakan web blog termasuk dalam kategori baik, karena dari hasil belajar tersebut mahasiswa sudah memiliki kompetensi menganalisis kebutuhan visual task ruangan dan menentukan jumlah titik lampu dalam ruangan. Kedua, Hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Perbedaan tersebut, didukung oleh pemanfaatan yang optimal sumber belajar yang menggunakan web blog pada matakuliah utilitas bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44255

Actions (login required)

View Item View Item