Hubungan persepsi dengan minat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Gondang Tulungagung melanjutkan pendidikan ke Sekol;ah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Bangunan / Faizatur Rizka

Rizka, Faizatur (2016) Hubungan persepsi dengan minat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Gondang Tulungagung melanjutkan pendidikan ke Sekol;ah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Bangunan / Faizatur Rizka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizka, Faizatur. 2016. Hubungan Persepsi dengan Minat Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kecamatan Gondang Tulungagung Melanjutkan Pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Teknik Bangunan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd., (2) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata Kunci: Persepsi, Minat, SMK SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Lama pendidikan yang ditempuh pada tingkat SMK sama halnya pada tingkat SMA yaitu selama 3 tahun. Pendidikan Menengah Kejuruan adalah pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu. Pemilihan SMK sebagai tempat melanjutkan studi masih dipandang sebelah mata, hal ini karena kurangnya informasi tentang SMK itu sendiri. Beragam jurusan yang ditawarkan di SMK, membuat beragam pula minat dari masing-masing siswa dalam menentukan sekolah pilihannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan persepsi dan minat minat siswa kelas IX melanjutkan ke SMK program studi Teknik Bangunan di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif, untuk mendeskripsikan persepsi dan minat siswa menggunakan Proporsional Cluster Random Sampling untuk mengambil sampel dalam jumlah besar atau secara kelompok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen angket terbuka kepada 50 sampel dari 120 populasi siswa SMP kelas IX di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung tahun 2015ÔÇô 2016. Hasil penelitian: Pertama, persepsi siswa SMP untuk melanjutkan pendidikan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan sebesar 34% termasuk kategori sedang. Kedua, minat siswa SMP untuk melanjutkan pendidikan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan sebesar 62% termasuk kategori tinggi. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa dengan minat siswa untuk melanjutkan studi ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Hasil penelitian diperoleh angka 78,4% termasuk kategori tinggi. Sedangkan sisanya sebesar 21,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44254

Actions (login required)

View Item View Item