Penerapan model pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pelat lantai kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar / Wahyu Ruli Rahma Widhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pelat lantai kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar / Wahyu Ruli Rahma Widhi

Widhi, Wahyu Ruli Rahma (2016) Penerapan model pembelajaran realistik untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pelat lantai kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar / Wahyu Ruli Rahma Widhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahma Widhi Wahyu Ruli. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matapelajaran Pelat Lantai Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Hadi Wasito Dip. Ed. M.Pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Realistik hasil belajar pelat lantai. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Blitarmenunjukkan bahwa (1) tidak semua siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran (2) siswa kurang aktif untuk bertanya ketika terdapat hal yang belum dipahami (3) pembelajaran masih bersifat satu arah (4) siswa kurang memiliki rasa percaya diri. Oleh karena itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang memberdayakan potensi yang dimiliki siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Blitar melalui penerapan model pembelajaran Realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 2 SMK Negeri 1 Blitar yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus yang terdiri dari menyusun rancangan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Data penelitiaan dikumpulkan melalui wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi tiga hal (1) reduksi data dimulai pada saat observasi sebelum membuat latar belakang penelitian dilanjutkan saat pelaksanaan penelitian dan setelah penelitian dilaksanakan (2) penyajian data dilakukan setelah melakukan pengamatan yaitu setelah melakukan observasi dan pada saat pelaksanaan penelitian dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata rata pada siklus I sebesar 69 44% meningkat pada siklus II sebesar 97 22% mengalami peningkatan sebesar 27 78%. Peningkatan hasil belajar siswa dikarenakanindikator penelitian model Realistik telah diterapkan secara maksimal pada proses pembelajaran yaitu meliputi (1) penggunaan model (2) materi yang luas (3) pemberian contoh soal. Selain itu siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga mendukung meningkatnya hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diberikan dalam penerapan model pembelajaran Realistik menjadi salah satu alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena menggunakan model pembelajaran ini siswa dituntut mengkontruksi pengetahuan dengan kemampuan sendiri melalui aktivitas aktivitas yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44253

Actions (login required)

View Item View Item