Komparasi bata merah dengan bata ringan sebagai pasangan dinding pada kostruksi bangunan gedung / Haning Krisma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Komparasi bata merah dengan bata ringan sebagai pasangan dinding pada kostruksi bangunan gedung / Haning Krisma Wardani

Wardani, Haning Krisma (2016) Komparasi bata merah dengan bata ringan sebagai pasangan dinding pada kostruksi bangunan gedung / Haning Krisma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wardani Haning Krisma. 2016. Komparasi Bata Merah dengan Bata Ringan sebagai Pasangan Dinding pada Konstruksi Bangunan Gedung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Pribadi S.T M.T.(II)Drs.Mujiyono M.Pd. Kata kunci komparasi bata merah bata ringan dinding konstruksi bangunan gedung. Perkembanganpembangunan di Indonesia dewasainimengalamikemajuan yang cukuppesat.Banyakgedungtinggiberdiri di berbagaiwilayah Indonesia. Seiring perkembangan dunia konstruksi teknologi terus dikembangkan untuk mencapai kebutuhan masyarakat akan kenyamanan dan efisiensi pekerjaan konstruksi. Begitu pula dengan pekerjaan pasangan dinding.Oleh sebab itu muncul bata ringan sebagai bahan alternatif pengganti batu merah.Pada masa sekarang ini banyak masyarakat Indonesia yang beralih menggunakan bata ringan untuk pasangan dinding terutama untuk bangunan bertingkat. Hal tersebut dikarenakan kualitas bata ringan yang lebih baik dari batu bata merah kecepatan pengerjaan dan penghematan dari sisi anggaran tenaga kerja. Penelitianinidilakukandengantujuan (1)Mengetahui kualitas bata merah meliputi sifat fisik dan sifat mekanik (2) Mengetahui kualitas bata ringan meliputi sifat fisik dan sifat mekanik (3) Mengetahui perbandingan kualitas antara bata merah dengan bata ringan (4) Mengetahui perbandingan waktu pelaksanaan pekerjaan pasangan dinding antara bata merah dengan bata ringan (5) Mengetahui perbandingan biaya pelaksanaan pekerjaan pasangan dinding antara bata merah dengan bata ringan. Penelitianinimenggunakan metodepenelitiandeskriptifkuantitatif dengan analisis data menggunakan Uji-t. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 buah bata merah dari Desa Kaloran Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk 50 buah bata ringan dari Dusun Sumurpandan Desa Jekek Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk 1 m2 dinding bata merah dan 1 m2 dinding bata ringan.Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yakni uji labotatorium dan observasi lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peralatan laboratorium lembar observasi laboratorium dan lembar observasi lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kualitasbatamerahberdasarkansifatfisikdansifatmekanikberadapadamutukualitasrendah (2) Kualitasbataringanberdasarkansifatfisikdansifatmekanikberadapadamutukualitastinggi (3) Kualitasbataringanlebihtinggidibandingkandenganbatamerah (4) Waktupelaksanaanpekerjaanpasangandindingbataringan per m2lebihcepatdibandingkanbatamerah (5) Biayapelaksanaanpekerjaanpasangandindingbataringan per m2lebihmahaldibandingkanbatamerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44252

Actions (login required)

View Item View Item