Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis berbasis lesson study untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mekanika teknik siswa SMKN 1 Kediri / Prastyo Dwi Nugroho

Nugroho, Prastyo Dwi (2016) Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis berbasis lesson study untuk meningkatkan proses dan hasil belajar mekanika teknik siswa SMKN 1 Kediri / Prastyo Dwi Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho, Prastyo Dwi. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Sistematis Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mekanika Teknik Siswa SMKN 1 Kediri. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, M.Pd., (II) Drs. Wahyo Hendarto Yoh, M.T. Kata Kunci: pemecahan masalah sistematis, lesson study, proses, hasil belajar. Berdasarkan informasi dan data yang diperoleh dari guru matadiklat Mekanika Teknik SMKN 1 Kediri bahwa dalam belajar Mekanika Teknik siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Hasil belajar siswa kelas X tahun 2013 dan 2014 siswa mendapatkan nilai B-. Dari kondisi tersebut guru menyatakan belum ada peningkatan lebih baik hingga tahun 2015 sehingga diambil untuk dijadikan permasalahan dan diulas dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis berbesis lesson study, yaitu penerpaan prosedur pemecahan maslaah sistematis pada siswa dengan lesson study. Pelaksanaan berdasarkan tahapan pada lesson study, yaitu: (1) plan (perencanaan), (2) do (pelaksanaan), dan (3) see (refleksi). Cara pengumpulan data dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran pemecahan masalah sistematis, yang menekankan pada prosedur penyelesaian masalah, tahapan sebagai berikut: (1) memahami masalahnya, (2) membuat rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, (4) memeriksa kembali, mengecek hasilnya. Hasil penelitian pada pelaksanaan lesson study I proses perencanaan pembelajaran menunjukkan prosentase sebesar 69,52%, proses pelaksanaan pembelajaran sebesar 66,70%, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan sebesar 58,06%. Lesson study II lebih ditingkatkan dalam menekankan prosedur strategi pemecahan masalah sistematis, serta meningkatkan pembelajaran oleh guru. Diperoleh hasil dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran lesson study II oleh guru mengalami peningkatan sebesar 79,92% dan 84,39%, rerata prosentase dasi perencanaan dan pelaksanaan kedua lesson study mencapai 74,40% dan 75,55% pembelajaran dalam kategori baik. Hasil belajar siswa diketahui ada trend peningkatan hasil belajar siswa mencapai total 80,64% dan berpredikat sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44251

Actions (login required)

View Item View Item