Studi gerakan, waktu dan kualitas kerja tukang ahli tiling pada pekerjaan pemasangan keramik dinding (studi kasus: tukang batu Kota Malang) / Bin Rohmad

Bin, Rohmad (2016) Studi gerakan, waktu dan kualitas kerja tukang ahli tiling pada pekerjaan pemasangan keramik dinding (studi kasus: tukang batu Kota Malang) / Bin Rohmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmad, Bin. 2016. Studi Gerakan, Waktu dan Kualitas Kerja Tukang Ahli Tiling pada Pekerjaan Pemasangan Keramik Dinding. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M.Ed., M.Pd. (II) Drs. N. Bambang Revantoro, S.T., M.T. Kata Kunci : Studi Gerak dan Waktu, Metode Kerja, Pemasangan Keramik Dinding. Salah satu upaya untuk peningkatan kualitas kerja adalah dengan memperbaiki metode kerja yang digunakan agar didapatkan hasil dan produktivitas kerja yang tinggi. Perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana kualitas kerja tukang pada pekerjaan konstruksi. Obyek penelitian ini adalah tukang ahli tiling di kota malang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) Bagaimana metode kerja pemasangan keramik dinding ditinjau dari aspek gerakan ekonomis (motion economy). (2) Bagaimana kualitas pekerjaan keramik dinding. (3) Bagaimana Produktivitas pekerjaan keramik dinding. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dengan metode time and motion study. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 2 tukang ahli dalam pekerjaan pemasangan keramik dinding. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode kerja yang dilakukan tukang 1 dengan tingkat ketercapaian gerakan 75% dalam kategori cukup sesuai, penempatan bahan dan alat 46% dalam kategori kurang sesuai, dan penggunaan alat 50% dalam kategori kurang sesuai terhadap prinsip ekonomi gerakan didapatkan kualitas kerja yang baik dan produktivitas sebesar 0,07 OH. Sedangkan pada kasus tukang 2 dengan tingkat ketercapaian gerakan 75%, penempatan bahan dan alat 46%, dan penggunaan alat 100% terhadap prinsip ekonomi gerakan didapatkan kualitas kerja yang cukup baik dan produktivitas sebesar 0,06 OH. Sehingga, perbaikan kerja dapat dilakukan dengan memperbaiki peletakaan atau penempatan alat dan bahan, dan mendesain ulang peralatan yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44250

Actions (login required)

View Item View Item