Pengaruh motif dan minat siswa kelas X dalam memilih program Keahlian Teknik Bangunan terhadap hasil belajar pada SMK di Kabupaten Tulungagung / Prima Huda Majid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motif dan minat siswa kelas X dalam memilih program Keahlian Teknik Bangunan terhadap hasil belajar pada SMK di Kabupaten Tulungagung / Prima Huda Majid

Majid, Prima Huda (2016) Pengaruh motif dan minat siswa kelas X dalam memilih program Keahlian Teknik Bangunan terhadap hasil belajar pada SMK di Kabupaten Tulungagung / Prima Huda Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madjid Prima. 2016. Pengaruh Motif dan Minat Siswa Kelas X dalam Memilih Program Keahlian Teknik Bangunan Terhadap Hasil Belajar pada SMK di Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Machmud Sugandi M.T. (II) Dr. H. Ahmad Dardiri M.Pd. Kata Kunci motif minat hasil belajar Motif adalah sesuatu yang mendorong seseorang bertindak melakukan atau yang mengarahkan tingkah laku dan perbuatan mereka untuk mencapai suatu tujuan yang hendak dicapai yang mana didasari oleh kebutuhan (need).Minat adalah rasa ketertarikan seseorang pada sesuatu yang menarik perhatiannya dengan berdasarkan rasa senang terhadap objek tersebut. Hasil belajar adalah kemempuan siswa yang didapat setelah mengikuti proses belajar atau pembelajaran yang mana terekam dalam bentuk huruf angka maupun kalimat atau secara umum dikenal dengan rapor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motif siswa kelas X program keahlian teknik bangunan padaSMK dalam memilih program keahlian teknik bangunan (2) minat siswa kelas X program keahlian teknik bangunan padaSMK dalam memilih program keahlian teknik bangunan (3) pengaruh antara motif dan minat siswa dalam memilih jurusan terhadap hasil belajar. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian deskriptif dengan data yang diperoleh berupa jawaban dari angket yang diisi oleh siswa kelas X program keahlian teknik bangunan pada SMK. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) siswa kelas X program keahlian teknik bangunan berkecenderungan memiliki motif yang tinggi dalam memilih program keahlian teknik bangunan sebagai pilihan program keahlian yang diambil di SMK (2) siswa kelas X program keahlian teknik bangunan berkecenderungan memiliki minat yang rendah dalam memilih program keahlian teknik bangunan sebagai pilihan program keahlian yang diambil di SMK (3) hasil analisis angket dan hasil belajar siswa (rapot semester 1) didapat hasil yang positif yang mana menunjukkan bahwa motif dan minat memilih program keahlian teknik bangunan berpengaruh terhadap hasil belajar. Akan tetapi pengaruh yang ditimbulkan tidak besar hanya sekedar 40% dapat diartikan juga bahwa motif dan minat memilih jurusan bukan faktor dominan yang menentukan hasil belajar siswa. Adapun saran yang dapat diberikan diantaranya (1)dengan hasil yang didapat dari penelitian ini diharapkan pihak sekolah khususnya bimbingan konseling untuk lebih memperhatikan proses pembentukan minat siswa yang dari hasil penelitian didaparkan rendah (2)Diharapkan bagi Dinas Pendidikan atau instansi terkait untuk lebih memberikan wawasan atau informasi kepada calon lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang program keahlian teknik bangunan agar tumbuh motif dan minat siswa yang kuat untuk memilih program keahlian teknik bangunan (3) Agar penelitian ini bisa dilanjutkan pada populasi yang lebih luas untuk mengetahui perbedaan tinggi rendahnya motif dan minat siswa dalam memilih program keahlian teknik bangunan di lain Kabupaten atau daerah dan Agar peneliti selanjutnya lebih mengembangkan instrumen penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44248

Actions (login required)

View Item View Item