Pengaruh iklim kelas dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang pada matakuliah teknik pondasi / Yogie Ervanata

Ervanata, Yogie (2016) Pengaruh iklim kelas dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang pada matakuliah teknik pondasi / Yogie Ervanata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ervanata, Yogie. 2016. Pengaruh Iklim Kelas Dan Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang Pada Matakuliah Teknik Pondasi.Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M. Sugandi, S.T., M.T., (II) Drs. H. Bambang Djatmiko, S.T., M.T. Kata Kunci: iklim kelas, lingkungan tempat tinggal, prestasi belajar Berdasarkan data nilai akhir mata kuliah teknik pondasi setiap tahun terdapat mahasiswa yang tidak lulus sebesar 27% dari setiap offering. Nilai mahasiswa diperingkat kurang memuaskan sebesar 61%, mahasiswa yang lulus mendapatkan predikat baik (B kebawah) dari masing-masing semester. Dari permasalahan tersebut diduga prestasi belajar mahasiswa menurun dipengaruhi oleh iklim kelas dan lingkungan tempat tinggal. Iklim kelas adalah hubungan tenaga pengajar dengan peserta didik atau peserta didik dengan peserta didik lainnya yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Sedangkan lingkungan tempat tinggal adalah tempat dimana Sseseorang bermukim yang dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang tersebut. Penelitiaan ini menggunakan pendekatan survey. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang yang telah memprogram mata kuliah Teknik Pondasi tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 1.138 + 0,620 + 1,932. Uji F diperoleh p sig 0,004 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Uji t iklim kelas diperoleh p sig 0,046 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Sedangkan Uji t lingkungan tempat tinggal diperoleh p sig 0,039< 0,05 sehingga H0 ditolak. Secara simultan (R2) iklim kelas dan lingkungan tempat tinggal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 23,6%. Besaran konstribusi secara parsial (r2) yang diberikan iklim kelas terhadap prestasi belajar sebesar 11,5%. Sedangkan konstribusi lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar sebesar 12,3%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan iklim kelas dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar mahasiswa yang menempuh mata kuliah keknik pondasi. Saran pada penelitian ini untuk pihak jurusan teknik sipil untuk kenyamanan mahasiswa di dalam kelas lebih diperhatikan. Untuk mahasiswa saat memilih kos, kontrakan ataupun asrama harus dipertimbangkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44246

Actions (login required)

View Item View Item