Kajian soal pilihan ganda ujian akhir semester pada program keahlian teknik gambar bangunan tahun ajaran 2015-2016 di SMKN 1 Ngasem / Ardila Milan Saputri

Saputri, Ardila Milan (2016) Kajian soal pilihan ganda ujian akhir semester pada program keahlian teknik gambar bangunan tahun ajaran 2015-2016 di SMKN 1 Ngasem / Ardila Milan Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri, Ardila Milan. 2016. Kajian Soal Pilihan Ganda Ujian Akhir Semester pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2015-2016 di SMKN 1 Ngasem. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd, (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd Kata Kunci: soal UAS, tingkat ranah kognitif, indikator kompetensi Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas butir soal yang dibuat oleh guru sekaligus mengukur sebaran tingkat ranah kognitif pada soal UAS di SMKN 1 Ngasem. Karena berdasarkan informasi di SMKN 1 Ngasem sampai saat ini masih menggunakan sistem KTSP yang memungkinkan guru memiliki keleluasaan untuk membuat soal sesuai dengan kemampuan siswa, dan dalam penyusunan perangkat tes guru cenderung mengikuti perangkat tes sebelumnya. Berdasarkan penelitian terdahulu, terkait analisis butir soal ditemukan bahwa soal belum berkualitas baik, soal hanya mencapai tingkatan berfikir rendah, dan terdapat ketidaksesuaian antara materi soal dengan indikator kompetensi. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlunya dilakukan kajian soal UAS dengan mendeskripsikan: (1) kualitas soal pilihan ganda UAS; (2) penyebaran tingkat ranah kognitif soal UAS; dan (3) tingkat kesesuaian materi soal UAS dengan indikator kompetensi pada mata pelajaran produktif program keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Ngasem. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang akan menganalisis seluruh soal UAS yang dibuat oleh guru dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data berupa dokumentasi. Analisis data dimulai dari mengukur kualitas butir soal pilihan ganda, pengukuran penyebaran tingkatan ranah kognitif pada setiap butir soal ujian berdasarkan kata kerja operasional dan tujuan soal, kemudian mengukur tingkat kesesuaian antara materi soal dengan indikator kompetensi dengan analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, kualitas butir soal pilihan ganda UAS pada kriteria validitas kurang baik, taraf kesukaran sedang, daya pembeda sedang, distraktor jelek, namun reliabilitas soal tinggi. Kedua, penyebaran tingkat ranah kognitif pada soal UAS diperoleh 64,58% pada tingkat mengingat (C1), 25,42% pada tingkat memahami (C2), 8,33% pada tingkat mengaplikasi (C3), 1,67% pada tingkat menganalisis (C4), 0,00% pada tingkat mengevaluasi (C5), dan tingkat mencipta (C6). Ketiga, tingkat kesesuaian antara materi soal dengan indikator kompetensi diperoleh hasil bahwa butir soal telah sesuai secara signifikan dengan indikator kompetensi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa soal UAS produktif program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Ngasem dari hasil kualitas soal belum mampu mengukur kemampuan siswa dan sebaran tingkatan ranah kognitif soal UAS cenderung pada tingkat berfikir rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44245

Actions (login required)

View Item View Item