Faktor penentu pemilihan peminatan pada bidang studi keahlian teknik bangunan bagi calon peserta didik baru SMK di kota-kabupaten Malang / Catur Widho Wati

Wati, Catur Widho (2016) Faktor penentu pemilihan peminatan pada bidang studi keahlian teknik bangunan bagi calon peserta didik baru SMK di kota-kabupaten Malang / Catur Widho Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wati, Catur Widho. 2016. Faktor Penentu Pemilihan Peminatan pada Bidang Studi Keahlian Teknik Bangunan Bagi Calon Peserta Didik Baru SMK di KotaÔÇôKabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T. (2) Drs. Mujiyono, M.Pd. Kata kunci: Faktor Penentu, Paket Keahlian Teknik Bangunan. Lulusan SMP yang memilih melanjutkan ke SMK, akan dihadapkan dengan beberapa pilihan peminatan yang ada di SMK tersebut. Pilihan paket keahlian pada bidang studi keahlian Teknik Bangunan diantaranya adalah Teknik Gambar Bangunan (TGB), Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB), Teknik Konstruksi Baja, dan Teknik Konstruksi Kayu. Pemilihan paket keahlian oleh calon peserta didik SMK dilakukan di awal pada saat proses seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB), sehingga banyak siswa yang kurang tepat dalam penentuan pemilihan paket keahlian. Hal tersebut berpengaruh kepada prestasi akdemik di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui kemampuan akademik peserta didik dalam pemilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB, 2) mengetahui faktor internal sebagai penentu pemilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB bagi calon peserta didik baru, 3) mengetahui faktor eksternal sebagai penentu pemilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB bagi calon peserta didik baru, 4) mengetahui faktor penentu pemilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB terhadap penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dengan total 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) kemampuan akademik calon peserta didik baru yang memilih peminatan keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) memiliki rata-rata yang cukup baik, sebagai salah satu pertimbangan yang digunakan untuk seleksi penerimaan peserta didik baru di SMK yang dipilihnya; 2) faktor internal sebagai penentu pilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB bagi peserta didik baru adalah faktor minat; 3) faktor eksternal sebagai penentu pilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB bagi peserta didik baru adalah faktor lingkungan keluarga; 4) faktor penentu pemilihan peminatan pada paket keahlian TGB dan TKBB adalah kemampuan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44243

Actions (login required)

View Item View Item