Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pemilihan paket keahlian peserta didik baru terhadap hasil belajar peserta didik kelas X paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang / P.V. Anandhita Maretha Putri

Putri, P.V. Anandhita Maretha (2016) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal pada pemilihan paket keahlian peserta didik baru terhadap hasil belajar peserta didik kelas X paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang / P.V. Anandhita Maretha Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri, P.V.A.M. 2016.Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Pada Pemilihan Paket Keahlian Peserta Didik Baru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Se-Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. R. M. Sugandi, S.T, M.T., (II) Drs. Eko Suwarno, M.Ed.,M.Pd. Kata Kunci: pemilihan paket keahlian, hasil belajar. Lulusan SMP dihadapkan pada pemilihan paket keahlian pada saat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan menengah atas khususnya SMK. Peserta didik sering memilih paket keahlian tidak sesuai dengan keinginannya dan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh fator internal dan faktor eksternal pada pemilihan paket keahlian terhadap hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan 1 peserta didik kelas X paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang. Data penelitian digali dengan menggunakan angket pada peserta didik kelas X paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang. Rancangan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang yang telah menempuh mata pelajaran Konstruksi Bangunan 1 pada tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random dengan taraf kesalahan sebesar 5%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 85 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) Proses Pemilihan paket keahlian peserta didik kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK se-Kota Malang termasuk pada kriteria baik dengan hasil rerata 72 %, (2) Hasil belajar peserta didik kelas X mata pelajaran Konstruksi Bangunan 1 pada aspek kognitif di SMK se-Kota Malang diperoleh nilai rerata 79 dan masuk kedalam kategori baik (3) Proses pemilihan paket keahlian mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK se-Kota Malang dengan hasil persentase pengaruh antara dua varibel yaitu sebanyak 49,8 % .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44242

Actions (login required)

View Item View Item