Persepsi siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan (PKTB) paket keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) terhadap SKKNI di SMKN 1 Singosari / Andik Ardiansyah

Ardiansyah, Andik (2016) Persepsi siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan (PKTB) paket keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) terhadap SKKNI di SMKN 1 Singosari / Andik Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardiansyah, Andik. 2016. Persepsi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan (PKTB) Paket Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB) Terhadap SKKNI di SMKN 1 Singosari . Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Isnandar, MT (II) Drs. Sugiyanto, S.T, M.T Kata kunci: SKKNI, SMK, Kompetensi Sektor jasa konstruksi membutuhkan tenaga terampil dari SMK, adanya keunggulan SMK mempunyai keterampilan dasar dan relatif lebih cepat beradaptasi dengan kondisi lapangan kerja. Lulusan SMK dikatakan kurang berkompetensi jika standar kompetensi yang digunakan tidak relevan dengan dunia usaha dan dunia industri DU/DI. Standar yang digunakan oleh Pemerintah adalah SKKNI, melalui SKKNI diharapkan lulusan SMK mampu sejalan dengan kebutuhan kompetensi DU/DI. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa terhadap SKKNI yang dibuat oleh Kemenakertrans dengan kompetensi yang diterapkan di SMKN 1 Singosari. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert yang mengacu pada variabel kompetensi SKKNI dengan responden kelas XII sejumlah 64 siswa. Hasil analisis data dari penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap SKKNI yang ditinjau dari : (1) kompetensi membaca dan memahami gambar kerja, (2) kompetensi menghitung perkiraan volume pekerjaan dan menyusun rencana anggaran biaya (RAB) konstruksi, (3) kompetensi membuat jadwal dan rencana kerja, (4) kompetensi melakukan peninjauan dan pengukuran lapangan (setting out), (5) kompetensi memberi instruksi teknis kepada para tukang dan pekerja, (6) kompetensi menyiapkan dan mengatur pembagian tugas serta pemeriksaan bahan bangunan, (7) kompetensi menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja, (8) kompetensi mengukur dan menghitung hasil kerja, (9) kompetensi melaporkan hasil kegiatan pelaksanaan pekerjaan, sudah relevan. Kompetensi yang telah diajarkan di SMKN 1 Singosari sudah sesuai dengan standar kompetensi SKKNI yang ditetapkan oleh Kemenakertrans, seperti halnya menambah pengetahuan siswa dalam mata diklat yang relevan terhadap (Du/Di). Namun ada kompetensi yang belum mencapai KKM yaitu melakukan peninjauan dan pengukuran lapangan (setting out). Untuk kedepannya kompetensi yang kurang memenuhi KKM agar dapat ditingkatkan lagi dan mempertahankan yang sudah memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44238

Actions (login required)

View Item View Item