Perbandingan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media pembelajaran project based learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional ada materi pasangan keramik matakuliah workshop batu dan beton program studi Pendidikan Teknik

Bahari, Aditya Bintar (2016) Perbandingan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media pembelajaran project based learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional ada materi pasangan keramik matakuliah workshop batu dan beton program studi Pendidikan Teknik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bahari Aditya Bintar. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Antara Kelas yang Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Kelas yang Menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Pasangan Keramik Matakuliah Workshop Batu dan Beton Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I). Drs. Mujiyono, M.Pd (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan memahami bagaimana peserta didik belajar dan mendapatkan informasi, sehingga pengetahuan tersebut dapat diingat dengan baik dan bertahan lama. Salah satunya adalah penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan modul terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional materi pasangan keramik matakuliah workshop batu dan beton mahasiswa angkatan 2013 program studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Sipil Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Mata kuliah Workshop Batu dan Beton. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa semester 6 Program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Teknik pengumpulan data melalui tes (post-test), dan Observasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar peserta didik Nilai rata-rata Psikomotorik kelas eksperimen 85 dan kelas Kontrol 56. Nilai rata-rata afektif kelas eksperimen 87 dan kelas Kontrol 62,5. Nilai rata-rata kognitif kelas eksperimen 86,90 dan kelas Kontrol 83,79. Kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan modul terbukti telah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44237

Actions (login required)

View Item View Item