Pengaruh kualitas kompetensi mengajar guru dan kualitas labolatorium komputer TGB terhadap hasil belajar di SMK se-kota Malang/ Erwin Dianto

Dianto, Erwin (2016) Pengaruh kualitas kompetensi mengajar guru dan kualitas labolatorium komputer TGB terhadap hasil belajar di SMK se-kota Malang/ Erwin Dianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dianto, Erwin. 2016. Pengaruh Kualitas Kompetensi Mengajar Guru Dan Kualitas Laboratorium Komputer TGB terhadap Hasil Belajar di SMK Se-Kota Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T (II) Drs. Eko Suwarno, M.Ed., M.Pd Kata Kunci: Kualitas Kompetensi Mengajar Guru, Kualitas Laboratorium Komputer, dan Hasil Belajar. Hasil belajar peserta didik SMK Nasional dan SMK Negeri 6 Kota Malang merupakan hal yang menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran, dimana peserta didik dikatakan hasil belajarnya baik apabila nilainya memenuhi atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pentingnya hasil belajar ini mendorong guru untuk meningkatkan kualitas kompetensi mengajarnya seperti kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional, juga meningkatkan fasilitas laboratorium komputer sehingga mencegah terjadinya penurunan hasil belajar peserta didik yang disebabkan guru kurang mampu dalam proses pengajaran dan mengelolaah atau memanfaatkan laboratorium komputer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan menggunakan mix-method, yaitu data kuantitatif yang dapat dianalisis. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis linear sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji regresi dengan uji F. Berdasarkan hasil uji regresi dengan uji F menunjukkan bahwa variabel bebas kompetensi mengajar guru dan laboratorium komputer secara signifikan mempengaruhi variabel terikat hasil belajar peserta didik SMK Nasional dan SMK Negeri 6 Kota Malang. Kompetensi pedagogik guru memperoleh sebanyak 74%, kompetensi profesional guru 74%, dan laboratorium komputer 66%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilakakukan dengan meningkatkan kompetensi mengajar guru dan laboratorium komputer. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44235

Actions (login required)

View Item View Item