Pengaruh pengalaman praktik kerja industri berbasis komunitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran gambar konstruksi bangunan pada paket keahlian teknik gambar bangunan di SMKN 1 Bendo Magetan / Febri Ilma Wati Dwi Priyono

Priyono, Febri Ilma Wati Dwi (2016) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri berbasis komunitas belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran gambar konstruksi bangunan pada paket keahlian teknik gambar bangunan di SMKN 1 Bendo Magetan / Febri Ilma Wati Dwi Priyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyono, Febri Ilmawati Dwi. 2016. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Berbasis Komunitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMKN 1 Bendo Magetan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. R.M. Sugandi, S.T., M.T, (II) Drs. I Made Oka Mulya, M.Pd. Kata Kunci: Pengalaman Praktik Kerja Industri, Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Praktik Kerja Industri adalah proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan yang sesungguhnya. Praktik kerja industri dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan siswa yang sesuai dengan bidangnya, sehingga dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan siswa maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan juga akan meningkat. Dari paparan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pengalaman praktik kerja industri yang didapat oleh siswa kelas XI paket keahlian teknik gambar bangunan. (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan setelah pelaksanaan praktik kerja industri. (3) Bagaimanakah pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian survey. Tujuan penelitian adalah untuk mencari besarnya pengaruh antara pengalaman prakerin dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan pada paket keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Bendo Magetan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan yang sudah melaksanakan prakerin yang berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisioner yang digunakan untuk mengukur pengalaman prakerin dan test mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan digunakan untuk mengukur hasil belajar pada pelajaran tersebut. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis diperoleh sebagai berikut: (1) Pengalaman prakerin yang didapat siswa paket keahlian Teknik Gambar Bangunan masuk pada kriteria baik dengan nilai persentase 69.28 % yang didukung oleh indikator teknis sebesar 64.98 % dan indikator non teknis sebesar 73.58 %. (2) Hasil belajar mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan yang didapat siswa paket keahlian Teknik Gambar Bangunan masuk pada kriteria kurang dengan nilai rata-rata sebesar 54. (3) Terdapat pengaruh sebesar 18.2 % antara pengalaman prakerin dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan, sedangkan sisanya sebesar 81.8 % diduga disebabkan oleh faktor yang lainnya yang tidak diperhitungkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44232

Actions (login required)

View Item View Item