Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Biblio Edukasi Bermuatan Sastra Lisan Dola Bololo untuk Mengelola Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Biblio Edukasi Bermuatan Sastra Lisan Dola Bololo untuk Mengelola Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA

Muhammad, Indriyani Do (2022) Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Biblio Edukasi Bermuatan Sastra Lisan Dola Bololo untuk Mengelola Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan jenis penundaan yang dilakukan oleh sisiwa pada tugas formal. Data hasil asesmen pendahuluan menunjukan bahwa siswa menujukan perilaku prokrastinasi akademik. Upaya yang dilakukan oleh guru BK SMAN 5 tikep dalam mencegah prokrastinasi akademik yaitu dengan menerapkan edukasi layanan klasikal, namun upaya tersebut belum memberikan dampak perubahan kepada siswa. Salah satu strategi teknik yang digunakan yaitu biblio edukasi sebagai upaya pencegahan agar siswa dapat mengelola perilaku tersebut. Adapun teknik biblio edukasi yang digunakan dalam penelitian ini dikemas dengan bermuatan sastra lisan Dola Bololo yang dilakukan dengan setting kelompok. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan panduan bimbingan kelompok teknik biblio edukasi bermuatan sastra lisan Ternate Dola Bololo untuk mengelola perilaku prokrastinasi akademik siswa SMA yang teruji berdasarkan aspek kegunaan, kelayakan, dan ketepatan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala prokrastinasi akademik, format penilaian ahli budaya, format penilaian ahli materi BK, format penilaian ahli media pembelajaran, dan calon pengguna. Data penilaian ahli tersebut dianalisis menggunakan analisis interrater agreement, (Grinell, 1988)) untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan produk panduan. Untuk mengetahui tingkat efektifitas produk panduan, peneliti melaksanakan uji lapangan dalam bentuk uji kelompok kecil dengan menggunakan analisis Wilcoxon. Hasil uji produk dari validator ahli materi BK memiliki skor 1 kategori “sangat tinggi”, ahli media pembelajaran menunjukan validitas 1 “sangat tinggi”, ahli budaya memiliki skor validitas 1 “sangat tinggi”, dan calon pengguna dengan validitas skor 1 “sangat tinggi”. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dari berbagai aspek yang telah ditentukan dan dinyatakan layak untuk digunakan oleh guru BK sebagai media layanan bimbingan kelompok, sedangkan untuk keefektifan panduan berdasarkan hasil analisis Wilcoxon didapatkan nilai Z sebesar -2.366 dan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.018. disimpulkan bahwa produk panduan efektif untuk mengelola prokrastinasi akademik siswa SMA. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) menghasilkan produk berupa buku panduan bimbingan kelompok teknik biblio edukasi bermuatan sastra lisan Terante Dola Bololo untuk mengelola perilaku prokrastinasi akademik siswa, 2) produk panduan telah memenuhi kriteria keberterimaan panduan sebagai salah satu media layanan bimbingan dan konseling, 3) buku panduan bimbingan kelompok teknik biblio edukasi bermuatan sastra lisan Ternate Dola Bololo efektif digunakan untuk mengelola prokrastinasi akademik siswa. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya, untuk guru BK : (1) hendaknya memahami prosedur materi yang terdapat dalam produk buku panduan ini untuk mamaksimalkan layanan, (2) dapat melakukan tindak lanjut dan monitoring siswa setelah melakukan proses layanan. Bagi peneliti selanjutnya : (1) dapat dilakukan uji coba keefektifan produk panduan ini dengan rancangan true experiment, (2) Untuk pemanfaatan layanan dengan buku panduan di sekolah lain tentunya memiliki kondisi yang berbeda, oleh sebab itu disarankan bagi peneliti selanjutnya agar melakukan pengkajian lebih lanjut dan penerapan intervensi di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:52
Last Modified: 25 Sep 2023 06:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4423

Actions (login required)

View Item View Item