Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran pengantar sirvei dan pemetaan berbasis macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar / Dodik Nurianto

Nurianto, Dodik (2016) Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran pengantar sirvei dan pemetaan berbasis macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar / Dodik Nurianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurianto, Dodik. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Pengantar Survei dan Pemetaan Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T., (II) Ir. Titi Rahayuningsih, M.Si. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Pengantar Survei dan Pemetaaan, Macromedia Flash. Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengajarkan berbagai kemampuan yaitu intelegensi dan skill. Hal tersebut menuntut penggunaan berbagai metode pembelajaran dan berbagai media yang lebih variatif. Banyak pendidik pada saat ini masih menggunakan metode konvensional (ceramah) secara utuh dalam menyampaikan materi. Kondisi tersebut membuat peserta didik sering mengalami kejenuhan saat mengikuti kegiatan belajar, sehingga dapat menurunkan semangat dan motivasi belajar siswa. Guna menanggulangi hal tersebut diperlukan metode pembelajaran dan media yang mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan komunikatif. Salah satunya adalah penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Dengan diterapkannya pembelajaran ini diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian pengembangan ini, yaitu: (1) menghasilkan media pembelajaran mata pelajaran Pengantar Survei dan Pemetaan berbasis Macromedia Flash untuk kelas X Paket Keahlian Geomatika; (2) memvalidasi media pembelajaran mata pelajaran Pengantar Survei dan Pemetaan berbasis Macromedia Flash untuk kelas X Paket Keahlian Geomatika. Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash terdiri atas: (a) halaman depan; (b) halaman tujuan; (c) halaman materi; (d) halaman job shet dan video; (e) halaman kuis; (f) halaman latihan; (g) halaman biografi. Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash berisikan materi,yaitu: (1) pekerjaan survei dan pemetaan; (2) penggunaan alat optik; (3) perawatan alat optik; (4) pengukuran survei dan pemetaan; (5) pengecekan kebenaran data pengukuran; (7) latihan soal dan jawaban. Hasil validasi ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis Macromedia Flash menunjukkan nilai Content Validity (CV) sebesar 0,69 apabila mengacu pada kriteria interpretasi skor > 0,65 maka termasuk dalam kategori layak. Hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran berbasis Macromedia Flash menunjukkan nilai Content Validity (CV) sebesar 0,85 apabila mengacu pada kriteria interpretasi skor > 0,65 maka termasuk dalam kategori layak. Hasil kelayakan keterbacaan pada peserta didik untuk P keseluruhan didapatkan P menjawab layak 56,25% dan P menjawab tidak layak 43,75%. Hasil P menjawab layak 56,25% apabila mengacu pada kriteria interpretasi skor > 50% maka termasuk dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44228

Actions (login required)

View Item View Item