Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas SMK Negeri 6 Malang / Yudi Julianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas SMK Negeri 6 Malang / Yudi Julianto

Julianto, Yudi (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas SMK Negeri 6 Malang / Yudi Julianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Julianto Yudi. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan dalam Mengikuti Pembelajaran di Dalam Kelas SMK N 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sispil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Eko Suwarno M.Ed. M.Pd. Kata Kunci motivasi belajar faktor internal faktor lingkungan sekolah faktor lingkungan keluarga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK N 6 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif sampel penelitian ini dilakukan kepada 48 orang siswa kelas XI GB 1dan XI GB 2. Data faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa diperoleh melalui kuisioner. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment dari pearson dan teknik analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan analisis regresi ganda dengan tingkat signifikasi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yakni faktor internal faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan keluarga. Ketiga faktor ini sangat mempengaruhi motivasi siswa untuk belajar jurusan teknik gambar bangunan di SMKN 6 Malang. Ini terbukti dari hasil prosentase jawaban siswa berdasarkan kuisioner 24% dari faktor internal seperti minat belajar dan adanya keinginan untuk berprestasi 49% pengaruh dari faktor lingkungan sekolah seperti media serta materi yang dipakai oleh guru dan sarana dan prasarana yang memadai dalam pembelajaran 27% dari faktor lingkungan keluarga yang di penuhi oleh orangtua serta perhatian orangtua dalam mendorong motivasi belajar anak. Saran bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar diharapkan agar dapat menggunakan metode dan memberikan sesuatu yang dapat menyenangkan siswa dengan tepat sesuai dengan materi yang akan diberikan sebab dengan menggunakan metode yang sesuai akan dapat memancing motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik. Dan bagi orang tua diharapkan ikut serta berperan aktif dalam membina dan memotivasi siswa supaya selalu bersemangat belajar serta memahami apa yang akan menjadi kebutuhannya agar bisa berprestasi dengan memberikan sarana dan prasarana yang optimal serta menciptakan suasana lingkungan keluarga yang harmonis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44227

Actions (login required)

View Item View Item