Problematika guru mata pelajaran produktif dalam implementasi pembelajaran kurikulu, 2013 pada SMK Negeri 2 Trenggalek / Ervian Bayu Anggianto

Anggianto, Ervian Bayu (2016) Problematika guru mata pelajaran produktif dalam implementasi pembelajaran kurikulu, 2013 pada SMK Negeri 2 Trenggalek / Ervian Bayu Anggianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggianto, Ervian Bayu. 2015. Problematika Guru Mata PelajaranProduktifdalamImplementasiPembelajaranKurikulum 2013 pada SMK Negeri 2 Trenggalek. Skripsi, JurusanTeknikSipil, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd., (II) Drs. EkoSuwarno, M.Ed., M.Pd. Kata Kunci: problematika guru, matapelajaranproduktif, implementasipembelajaran, Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 dikembangkanberdasarkanprinsip yang berpusatpadapesertadidik, mengembangkankreativitaspesertadidik, menciptakankondisimenyenangkandanmenantangsertamenyediakanpengalamanbelajar yang bermuatannilaisikap. Namundemikian, padakegiatanpembelajaranmatapelajaranproduktif di SMK Negeri 2 Trenggalek, sebagianbesarpesertadidikmasihkurangaktifdalampembelajaran, padahal guru sudahmelaksanakankegiatanpembelajaransesuaitahapan-tahapanstandar proses Kurikulum 2013. Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuikendala-kendala guru dalammengimplementasikanpembelajaranKurikulum 2013 yang meliputi: perencanaankegiatanintipembelajaran, pelaksanaankegiatanintipembelajarandanpenilaianhasilbelajarpesertadidik. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Variabelpenelitianiniadalahkendala-kendala yang dialami guru matapelajaranproduktifdalammenerapkankegiatanpembelajaranKurikulum 2013.Penelitianinimenggunakanpenelitianpopulasi, denganresponden 28 guru matapelajaranproduktif SMK Negeri 2 Trenggalek. Teknikpengumpulan data menggunakanangket.Teknikanalisis data menggunakananalisisstatistikdeskriptif. Hasilpenelitianinimenunjukkan: (1) padaperencanaankegiatanintipembelajaran, kendala yang paling banyakdialami guru adalah guru kesulitandalammemilihmetodepembelajaran yang mampumendorongpesertadidikuntukbelajarsecaraaktif, (2) padapelaksanaankegiatanintipembelajaran, kendala yang paling banyakdialami guru adalah guru kesulitandalammemadukanpendekatansaintifikdenganpembelajaranberbasiskompetensidanpembelajaranberbasisproduksipada proses pembelajaran, dan (3) padapenilaianhasilbelajarpesertadidik, kendala yang paling banyakdialami guru adalah guru kesulitandalammemahamikonseppenilaian KI-1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44226

Actions (login required)

View Item View Item