Penerapan metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK negeri 6 Malang / Dewi Maisaroh

Maisaroh, Dewi (2016) Penerapan metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK negeri 6 Malang / Dewi Maisaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maisaroh, Dewi. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Belajar Tuntas (Mastery Learning) pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. (II) Drs. Mujiyono, M.Pd. Kata Kunci : Penerapan, metode belajar tuntas (mastery learning), hasil belajar, Gambar Konstruksi Bangunan. Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) merupakan salah satu bidang ilmu utama yang dipelajari di paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB. Metode pembelajaran gambar konstruksi bangunan di paket keahlian TGB masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga mengakibatkan siswa bersikap pasif dan rendahnya hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah antara lain: (1) siswa kurang memahami materi yang diajarkan, (2) siswa kurang termotivasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru, (3) minat baca siswa kurang, dan (4) siswa jarang berani bertanya pada saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI paket keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) dengan penerapan motode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, tugas dan tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian akan dibandingkan dengan kajian pustaka sehingga dapat di ambil kesimpulan dan saran. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dapat diterapkan sesuai tahap yang disepakati, (2) persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 56,00%, dan siklus II sebesar 88,00% atau terjadi kenaikan 32,00% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa metode pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) dapat diterapkan dalam mata pelajaran gambar konstruksi bangunan (GKB), serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini, disarankan: (1) guru dapat menetapkan model pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TGB1, (2) siswa diharapkan membiasakan diri untuk mengeluarkan ide maupun gagasan dalam semua proses pembelajaran, (3) sebaiknya dalam penelitian selanjutnya dapat diteliti juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga penelitian pada metode belajar tuntas (mastery learning) bisa lebih spesifik dan terperinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44223

Actions (login required)

View Item View Item