Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan keefektifan pembelajaran teori dan praktik utilitas bangunan I Program Studi Teknik Sipil dan Bangunan / Koyyis

Koyyis (2016) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi dan keefektifan pembelajaran teori dan praktik utilitas bangunan I Program Studi Teknik Sipil dan Bangunan / Koyyis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Koyyis.2016. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Motivasi dan Keefektifan Pembelajaran Teori dan Praktik Utilitas Bangunan I Program Studi Teknik Sipil dan Bangunan. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I).Drs. Mujiyono, M.Pd(II) Drs. Eko Suwarno, M.Ed., M.Pd Kata Kunci: Lingkungan, sumber belajar, motivasi, hasil belajar, keefektifan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan memahami bagaimana peserta didik belajar dan mendapatkan informasi, sehingga pengetahuan tersebut dapat diingat dengan baik dan bertahan lama. Salah satunya adalah pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar untuk meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar dan keefektifan pembelajaran. Teori dan hasil dari penenelitanmenyimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui;(1) pengaruh pemanfaatan lingkungan sistem penyediaan air bersih sebagai sumber belajar peserta didik terhadap motivasi belajar pada mata kuliah Teori dan Praktik Utilitas Bangunan I Prodi Teknik Sipil dan Bangunan; dan(2) pengaruh pemanfaatan lingkungan sistem penyediaan air bersih sebagai sumber belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada mata kuliah Teori dan Praktik Utilitas Bangunan I Prodi Teknik Sipil dan Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Sipil Prodi D3 Teknik Sipil dan Bangunan Mata kuliah Teori dan Praktik Utilitas Bangunan I. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Offering B kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dan MahasiswaOffering A sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test), dan kuesioner motivasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar dan motivasi belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil penelitian rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 19,93 dan kelas kontrol adalah 8,00. Nilai rata-rata dari masing-masing kelas diuji hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil belajar peserta didik memiliki nilai signifikansi untuk kelas kontrol 0,000 < 0,05 dan untuk kelas eksperimen 0,001 < 001, kesimpulan dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar terbukti telah memberikan pengaruh terhadap motivasi dan keefektifan pembelajaran, sehingga proses pembelajaran lebih bisa maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44221

Actions (login required)

View Item View Item