Uji tarik belah beton ringan dengan penambahan abu terbang (fly ash) / Muhamad Aska

Aska, Muhamad (2016) Uji tarik belah beton ringan dengan penambahan abu terbang (fly ash) / Muhamad Aska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aska, Muhamad. 2016. UjiTarikBelahBetonRinganDenganPenambahanAbu Terbang (Fly Ash). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dr. Nindyawati, S.T., M.T., (II) Drs.Wahyo H. Y., M.T. Kata kunci:ujitarikbelah,beton ringan,fly ash. Beton ringan adalah salahsatumaterialpembentukstrukturyang memiliki berat volume lebih ringandibandingkan dengan beton normal. Pada perkembangan konstruksi beton saat ini, beton yang tidak semua berbahan dasar semen portland sudah banyak dibuat oleh para praktisi yaitudenganmengurangisekianpersensemen dan menambah sekian persen dari jumlah keseluruhan semen portland suatu bahan tambahan. Penambahan abu terbang (fly ash) pada campuran beton ringan bersifat pozzolan, sehingga bisa menjadi admixture mineral yang baik untuk beton ringan. Kecilnyanilaikuattarikpadabetonmakadigunakantulanganuntukmemperbaikinilaikuattariknya, tapimasihseringterjadikeruntuhanbangunanakibattidakmampumenahanbeban. Salah satuaspek yang pentingdalamperencanaanadalahmenentukankarakteristikdankemampuan material yang akandipakai. Untukitu, diperlukanpenelitiankuattarikbelahpadabetonringan dengan harapan akan dihasilkan beton dengan karakteristik yang baik. Beton ringan berbahan tambah abu terbang (fly ash) ini terbuat dari semen, pasir, air,foam agent, dan abu tebang (fly ash). Komposisicampuran yang digunakanyaitu2 Pc:1 Ps:1,2 Air:0,048 Foamdenganjumlahsampel 10 bendaujitiapprosentasepenambahanabuterbang (fly ash). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas/kemampuandarikuat tarikbelahyang terjadi pada silinder beton ringan dengan bahan tambahan abu terbang (fly ash) dengan variasi penggunaan abu terbang (fly ash).Untuk tata cara pengujian kuat tarikbelah mengacu pada SNI 03-2491-2002 dan ASTM C 496-90. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, hasil uji kuat tarikbelah, kapasitaskuattarikbelah, dan berat volume beton ringan berbahan tambahabu terbang (fly ash) untuk masing-masing variasiprosentase abu terbang(fly ash)0% adalah1,95 Mpa, 31,06kN, dan 1799,20 kg/m3 untuk prosentase abu terbang(fly ash)15% adalah1,40Mpa, 21,72 kN, dan 1768,77 kg/m3untuk prosentase abu terbang(fly ash) 20% adalah 1,18 Mpa, 18,67 kN, dan 1729,09 kg/m3 untuk prosentase abu terbang (fly ash) 25% adalah 1,16 Mpa, 18,52 kN dan 1681,06 kg/m3. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat dianalisis bahwabendaujiyang memiliki kemampuan paling baik adalah silinder beton ringan berbahan tambah abu terbang (fly ash) dengan prosentaseabu terbang (fly ash) 15%, itu sudah dibuktikan dengan hasil dari uji kuat tarikbelah, kapasitaskuattarikbelah, dan nilaiberat volume.Penambahanabuterbang (fly ash) membuatnilaikuattarikbelahdanberat volume menjadisemakinkecil.Hubunganantaraberatvolume dengankuattarikbelahbetonringanyaitusemakinbesarnilaiberat volume menghasilkannilaikuattarikbelahbetonringanmenjadilebihbesar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44220

Actions (login required)

View Item View Item