Korelasi nilai kognisi dan motivasi menjadio guru dengan keterampilan dasar mengajar mata kuliah pembelajaran mikro program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Ersa Natasa Amelia

Amelia, Ersa Natasa (2016) Korelasi nilai kognisi dan motivasi menjadio guru dengan keterampilan dasar mengajar mata kuliah pembelajaran mikro program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang / Ersa Natasa Amelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amelia, Ersa Natasa. 2016. Korelasi Nilai Kognisi dan Motivasi Menjadi Guru dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknis Sipil Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mujiyono, M.Pd., (2) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata kunci: Nilai Kognisi, Motivasi Menjadi Guru, Keterampilan Dasar Mengajar, Pembelajaran Mikro Keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah pembelajaran mikro adalah kemampuan praktik mengajar yang dimiliki mahasiswa yang dipraktikkan secara mikro di dalam kelas. Keterampilan dasar mengajar yang dimiliki mahasiswa ada yang baik dan ada yang kurang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam melaksanakan praktik mengajar, seperti penguasaan materi tentang keterampilan dasar mengajar yang dapat dilihat dari nilai kognisinya dan motivasi menjadi guru yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana korelasi antara nilai kognisi dan keterampilan dasar mengajar, (2) korelasi antara motivasi menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar, (3) korelasi antara nilai kognisi dan motivasi menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah Pembelajaran Mikro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah 49 mahasiswa dari Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang telah mengambil mata kuliah Pembelajaran Mikro. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Product Moment Pearson dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut: Pertama, tidak terdapat korelasi antara nilai kognisi dengan keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah Pembelajaran Mikro, nilai korelasinya sebesar r=-0,165 dan p(sig)=0,128. Kedua, tidak terdapat korelasi antara motivasi menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah Pembelajaran Mikro, nilai korelasinya sebesar r=0,112 dan p(sig)=0,223. Ketiga, tidak terdapat korelasi dengan nilai R sebesar 0,193 dan p(sig)=0,416 antara nilai kognisi dan motivasi menjadi guru dengan keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah Pembelajaran Mikro Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44219

Actions (login required)

View Item View Item