Evaluasi program penilaian otentik mata pelajaran Produktif pada kelas XI Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang / Deby Prismadi Kurniawan

Kurniawan, Deby Prismadi (2016) Evaluasi program penilaian otentik mata pelajaran Produktif pada kelas XI Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang / Deby Prismadi Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, Deby Prismadi. 2016. Evaluasi Program Penilaian Otentik Mata Pelajaran Produktif Pada Kelas X dan Kelas XI Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sutrisno, S.T, M.Pd., (II) Drs. Made Wena, M.Pd, M.T. Kata Kunci: evaluasi, program penilaian otentik, mata pelajaran produktif. Penilaian otentik menjadi salah satu bagian yang penting dan tak terpisahkan dalam kegiatan pembelajaran kurikulum 2013. Sistem penilaian otentik yang baik akan memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran dalam kurikulum 2013. Selain itu, sistem penilaian otentik yang baik akan memberikan motivasi bagi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuannya.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan program penilaian otentik mata pelajaran produktif, meliputi: input, proses, dan produk program penilaian otentik mata pelajaran produktif. Data penelitian digali dengan menggunakan angket pada siswa kelas X dan siswa kelas XI paketkeahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif dengan pendekatan stake (countenance). Populasi dalam penelitian ini adalah program penilaian otentik mata pelajaran produktif pada kelas X dan kelas XI keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang.Mata pelajaran produktif pada kelas X dan kelas XI terdiri dari 10 macam mata pelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 mata pelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut: (1) Input program penilaian otentik mata pelajaran produktif pada kelas X dan kelas XI keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang dilihat dari kesiapan guru, dan saranapenilaian otentik masuk kategori cukup, sedangkan kesiapan siswa masuk ketegori kurang, (2) Prosesprogram penilaian otentik mata pelajaran produktif pada kelas X dan kelas XI keahlian TeknikGambar Bangunan SMK Nasional Malang dilihat dari langkah-langkah pelaksanaan penilaian otentik oleh guru masuk kategori cukup, (3) Produkprogram penilaian otentik mata pelajaran produktif pada kelas X dan kelas XI keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang dilihat dari kualitas penilaian otentik masuk kategori cukup,sedangkan ketercapaian penilaian otentik masuk kategori kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44214

Actions (login required)

View Item View Item