Relevansi kompetensi mata pelajaran gambar teknik dan menggambar dengan perangkat lunak pada kurikulum 2013 terhadap kebutuhan kompetensi tenaga drafter pada jasa konstruksi bidang perencanaan di Kota Malang / Yogi Pandu Prabowo

Prabowo, Yogi Pandu (2016) Relevansi kompetensi mata pelajaran gambar teknik dan menggambar dengan perangkat lunak pada kurikulum 2013 terhadap kebutuhan kompetensi tenaga drafter pada jasa konstruksi bidang perencanaan di Kota Malang / Yogi Pandu Prabowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabowo, Yogi Pandu. 2015. Relevansi Kompetensi Mata Pelajaran Gambar Teknik dan Menggambar dengan Perangkat Lunak terhadap Kebutuhan Kompetensi Tenaga Drafter pada Jasa Konstruksi Bidang Perencanaan di Kota Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ir. I Wayan Jirna, M.T, (II) Drs. Boedya Djatmika, S.T., M.T. Kata Kunci : Relevansi, Gambar Teknik, Menggambar dengan Perangkat Lunak, Kebutuhan Tenaga Drafter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi / kesesuaian kompetensi mata pelajaran gambar teknik dan menggambar dengan perangkat lunak terhadap kompetensi tenaga drafter yang dibutuhkan pada jasa konstruksi bidang perencanaan di Kota Malang. Penelitian ini termasuk penelitian survey dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Responden pada penelitian ini adalah 22 orang guru yang mengajar di 3 SMK yaitu SMKN 6 Malang, SMK Nasional Malang dan SMKN 1 Singosari. Serta 30 orang pimpinan konsultan yang bekerja pada 10 konsultan perencana. Total responden berjumlah 52 orang. Hasil penelitian menunjukkan 3 kesimpulan. Pertama, berdasarkan keterlaksanaannya dalam proses pembelajaran, pada umumnya kompetensi mata pelajaran gambar teknik dan menggambar dengan perangkat lunak ÔÇ£Selalu DiajarkanÔÇØ dalam proses pembelajaran di SMK pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Kedua, Berdasarkan kebutuhan kompetensi tenaga drafter pada jasa konstruksi bidang perencanaan, pada umumnya kompetensi dalam mata pelajaran gambar teknik ÔÇ£DibutuhkanÔÇØ, namun terdapat kompetensi yang ÔÇ£Kurang DibutuhkanÔÇØ yaitu kompetensi 1 (K1). Sementara itu, pada umumnya kompetensi mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak ÔÇ£Sangat DibutuhkanÔÇØ pada jasa konstruksi bidang perencanaan. Relevansi kompetensi mata pelajaran gambar teknik diklasifikasikan ÔÇ£Sangat RelevanÔÇØ dengan presentase sebesar 89% dalam penerapannya di SMK serta ÔÇ£RelevanÔÇØ dengan presentase sebesar 73% dengan kebutuhan kompetensi drafter pada jasa konstruksi bidang perencanaan. Relevansi kompetensi mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak diklasifikasikan ÔÇ£Sangat RelevanÔÇØ dengan presentase sebesar 94% dalam penerapannya di SMK serta ÔÇ£Sangat RelevanÔÇØ dengan presentase sebesar 87% dengan kebutuhan kompetensi tenaga drafter pada jasa konstruksi bidang perencanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44211

Actions (login required)

View Item View Item