Kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kabupaten Kediri / Niswah Qurrota A'yun - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kabupaten Kediri / Niswah Qurrota A'yun

A'yun, Niswah Qurrota (2016) Kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kabupaten Kediri / Niswah Qurrota A'yun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A yun Niswah Qurrota. 2016. Kesesuaian Tingkat Ranah Kognitif pada Soal Ujian dengan Tujuan Pembelajaran Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK di Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci tingkat ranah kognitif soal ujian tujuan pembelajaran Tujuan pembelajaran merupakan rumusan standar yang harus dicapai siswa. Standar kemampuan berfikir siswa difokuskan sebagai perumusan tujuan pembelajaran dengan menggunakan dasar ranah kognitif. Ranah kognitif adalah kemampuan yang mencakup kegiatan berfikir. Pada ranah kognitif terdapat tingkatan yang mengarahkan peserta didik untuk berfikir mulai dari tingkatan rendah hingga tinggi (C1-C6). Soal ujian sebagai instrumen yang menguji kemampuan berfikir siswa. Soal mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan kesesuaian tingkat ranah kognitif yang digunakan dalam membuat soal ujian dan merumuskan tujuan. Masalah yang terjadi dari beberapa penelitian lain ditemukan ketidaksesuaian antara soal dengan tujuan pembelajaran sehingga soal tidak dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penyebaran tingkat ranah kognitif pada soal ujian (2) penyebaran tingkat ranah kognitif pada tujuan pembelajaran dan (3) kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dokumentasi dalam penelitian ini adalah soal ujian harian tujuan pembelajaran dan soal ujian akhir semester. Kegiatan analisis data dimulai dari pengkategorian tingkat ranah kognitif pada setiap butir soal ujian dan tiap poin tujuan pembelajaran penyesuaian tingkat ranah kognitif pada soal dan tujuan dan analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan pertama penyebaran tingkat ranah kognitif pada soal ujian didapat 37% pada tingkat ranah mengingat (C1) 33% pada tingkat ranah memahami (C2) 30% pada tingkat ranah mengaplikasi (C3) dan 0% pada tingkat ranah menganalisis (C4) mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Kedua penyebaran tingkat ranah kognitif pada tujuan pembelajaran didapat 1% pada tingkat ranah mengingat (C1) 57% pada tingkat ranah memahami (C2) 42% pada tingkat ranah mengaplikasi (C3) dan 0% pada tingkat ranah menganalisis (C4) mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Ketiga tidak ada kesesuaian tingkat ranah kognitif pada soal ujian dengan tujuan pembelajaran. Tingkat ranah kognitif soal cenderung lebih rendah dari pada tingkat ranah kognitif pada tujuan pembelajaran keahlian program Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK di Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44208

Actions (login required)

View Item View Item