Pengembangan bahan ajar statika untuk SMK Teknik Gambar Bangunan berbasis metode pemecahan masalah / Ahmad Subaiki

Subaiki, Ahmad (2016) Pengembangan bahan ajar statika untuk SMK Teknik Gambar Bangunan berbasis metode pemecahan masalah / Ahmad Subaiki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subaiki,Ahmad, 2016. Pengembangan Bahan Ajar Statika untuk SMK Teknik Gambar Bangunan Berbasis Metode Pemecahan Masalah. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. (II) Drs. Priyono, M.Pd. Kata kunci: Statika, Pemecahan masalah, SMK, Teknik Bangunan. Mengacu pada beberapa hasil penelitian dan survey pendahuluan pada beberapa SMK ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada matapelajaran Statika rendah, hal ini disebabkan karena guru menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan bahan ajar agar siswa bisa lebih aktif dalam pembelajaran. Guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, maka pengembangan bahan ajar matapelajaran Statika dilakukan dengan metode pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan bahan ajar matapelajaran Statika sebagai pegangan guru dalam memberikan pelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode pemecahan masalah, (2) Mengetahui tingkat validasi terhadap bahan ajar matapelajaran Statika dengan metode pemecahan masalah. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dan kuantitatif.Subyek penelitian ini adalah 1(satu) ahli pembelajaran, 3(tiga) guru pengajar, dan 6(enam) siswa kelas X SMKN 1 Udanawu diambil purposive sampling, yakni 2 siswa nilainya baik, 2 siswa nilainya sedang, dan 2 siswa nilainya dibawah standar. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar penilaian bahan ajar, lembar penilaian media ajar, dan lembar penilaian lembar kerja siswa/job sheet. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar matapelajaran Statika untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Perangkat bahan ajar ini terdiri dari bahan ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pedoman guru, dan lembar kerja/job sheet. (2) Berdasarkan uji validitas, bahan ajar ini termasuk valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44207

Actions (login required)

View Item View Item