Korelasi penguasaan metodologi penelitian dan satatistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Novia Istiqoma

Istiqoma, Novia (2016) Korelasi penguasaan metodologi penelitian dan satatistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / Novia Istiqoma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqoma, Novia. 2016. Korelasi Penguasaan Metodologi Penelitian dan Statistik Terhadap Lama Waktu Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mujiyono, M.Pd, (II) Drs. Adjib Karjanto, ST., MT. Kata Kunci: penguasaan, metodologipenelitian, statistik, skripsi Masalah yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan matakuliah skripsi adalah kebanyakan mahasiswa dalam menyusun laporan skripsi hanya mencontoh metodologi penulisan skripsi yang sudah pernah ditulis dan belum tentu sesuai dengan judul skripsi yang akan diteliti, mahasiswa masih bingung dalam menentukan analisis statistik apa yang akan digunakan dalam penelitian skripsinya dan pemahaman yang kurang terhadap jenis-jenis metodologi penelitian. Dari data yang diperoleh dari Kasubag Akademik fakultas Teknik Universitas Negeri Malang jumlah mahasiswa program studi S1 PTB yang telah menyelesaikan matakuliah skripsi dari tahun akademik 2010/2011 sampai tahun akademik 2014/2015 ini adalah sejumlah 333 mahasiswa dari jumlah seluruh mahasiswa 876 orang. Jadi hanya ada sekitar 36% mahasiswa yang telah menyelesaikan matakuliah skripsi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui hubungan antara penguasaan metodologi penelitian terhadap lama waktu penyelesaian skripsi, (2) mengetahui hubungan antara penguasaan statistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi, (3) mengetahui hubungan antara penguasaan metodologi penelitian dan statistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa dokumentasi. Data dokumentasi dalam penelitian ini adalah nilai matakuliah metodologi penelitian, statistik, dan laporan skripsi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi (α) 0,05: (1) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penguasaan metodologi penelitian terhadap lama waktu penyelesaian skripsi dengan nilaiR = -0,263 dan signifikansi p = 0,000; (2) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penguasaan statistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi dengan nilaiR = -0,196 dansignifikansi p = 0,004; (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penguasaan metodologi penelitian dan statistik terhadap lama waktu penyelesaian skripsi dengan nilai R =-0,304 dan signifikansi p = 0,000. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan: (1) pengajar lebih meningkatkan bimbingan dan motivasi belajar mahasiswa terhadap penguasaan metodologi penelitian dan statistik serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi lama waktu penyelesaian skripsi; (2) mahasiswa lebih meningkatkan minat dan motivasi belajar matakuliah metodologi penelitian dan statistik serta faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi lama waktu penyelesaian skripsi; (3) penelitian selanjutnya agar melakukan penelitian dengan variable lain, karena masih banyak faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi lama waktu penyelesaian skripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44206

Actions (login required)

View Item View Item