Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match pada mata pelajaran ilmu statika dan tegangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB 1 SMKN 2 Kraksaan Probolinggo / Fina Kamalia Febrianti

Febrianti, Fina Kamalia (2016) Penerapan pembelajaran kooperatif model make a match pada mata pelajaran ilmu statika dan tegangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB 1 SMKN 2 Kraksaan Probolinggo / Fina Kamalia Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianti, Fina Kamalia. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match pada Mata Diklat Ilmu Statika dan Tegangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB SMKN 2 Kraksaan Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. (I) Drs. Made Wena, M.Pd., MT. (II) Drs. I Made Oka Mulya, M.Pd. Kata kunci : Metode Make a Match, hasil belajar, Ilmu Statika dan Tegangan Metode pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penerapan metode yang baik adalah metode yang mampu mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa maksimal. Siswa dituntut aktif dalam proses pembelajaran sehingga guru tidak hanya menyampaikan dalam bentuk ceramah saja. Proses pembelajaran di kelas X TGB 1 SMK Negeri 2 Kraksaan Probolinggo masih menggunakan metode konvensional, yaitu ceramah dan tugas. Siswa merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran, siswa hanya diam saja duduk rapi mendengarkan ceramah dari guru sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Hal ini tidak boleh berlangsung sangat lama karena akan berdampak terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Untuk itu, maka diperlukan metode pembelajaran baru yang mampu membuat siswa lebih aktif sehingga hasil belajar siswa maksimal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga melihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan ilmu tentang metode pembelajaran make a match. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa secara individu maupun secara kelompok. Penerapan metode pembelajaran make a match juga meningkatkan hasil belajar siswa 94,1%, dimana ketuntasan klasikal dikatakan berhasil apabila mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disarankan kepada sekolah untuk mengembangkan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Guru juga diharapkan untuk menerapkan metode pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44202

Actions (login required)

View Item View Item