Penerapan strategi pembelajaran discovery pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanggung 02 Campurdarat / Syu'ara Yusufa Anggriawan

Anggriawan, Syu'ara Yusufa (2013) Penerapan strategi pembelajaran discovery pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanggung 02 Campurdarat / Syu'ara Yusufa Anggriawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggriawan, SyuÔÇÖara Yusufa. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Tanggung 02 Campurdarat. Skripsi, Progam Studi Teknologi Pendidikan, Jurusan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Pd, M.Ed (II) Saida Ulfa, S. T., M. Edu, Ph.D Kata kunci: Pembelajaran discovery, hasil belajar Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan di SDN Tanggung 02 Campurdarat-Tulungagung menunjukkan metode pembelajaran mata pelajaran Matematika masih cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas mandiri. Dengan menggunakan metode ceramah kebanyakan siswa merasa bosan dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga hanya 60% hasil belajar siswa yang mencapai KKM, KKM untuk pelajaran matematika yaitu 69. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Discovery Learning. Discovery Learning adalah metode pembelajaran yang dalam prosesnya siswa berusaha menemukan sendiri dan memahami konsep dan definisi materi pembelajaran. Metode ini memajukan cara belajar aktif yang berorientasi pada proses, mengarah sendiri dan reflektif. Lokasi penelitian ini di SDN Tanggung 02 Campurdarat dengan mengambil subyek penelitian siswa kelas V dengan jumlah sebanyak 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, test, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 74,75 dengan nilai teringgi 90 dan nilai terendah 55 siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 5 siswa dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 15 siswa dengan presentase 75%, sedangkan pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus 1, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 80,75 dengan nilai teringgi 100 dan nilai terendah 60 siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa dan yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 siswa dengan presentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika serta peneliti menyimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item View Item