Pengaruh konsep diri dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Hamdan Rizali

Rizali, Hamdan (2016) Pengaruh konsep diri dan kepedulian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Hamdan Rizali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizali, Hamdan. 2015. Pengaruh Konsep Diri dan Keperdulian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Probolinggo.Skripsi Program Studi S1 PendidikanTeknikBangunan, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Eko Suwarno, M. Pd.(II) Drs. I Made Oka Mulya, M. Pd. Kata Kunci: KonsepDiri,Keperdulian Orang Tua, PrestasiBelajar. Konsepdirimerupakanhubunganantarasikapdanjugakeyakinandaridirikitamasing-masing, setiapsiswamemilikikonsepdiri yang berbedabeda. Dalamhalinijugadilihatdarikeperdulian orang tua, karnakeperdulian orang tua yang berpengaruhpentingdalamterbentuknyasikapdanprilakuanak. Untukmengetahuiadanyapengaruhdalamnilaiprestasisiswamakapenelitiakanmengujiapakahadapengaruhkonsepdiridankeperdulian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswa SMKN 2 Probolinggo. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui : (1) pengaruhkonsepdiriterhadapprestasibelajarsiswa program keahlianTeknikGambarBangunan (2) pengaruhkeperdulian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswa program keahlianTeknikGambarBangunan (3) pengaruhkonsepdiridankeperdulian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswaprogram keahlianTeknikGambarBangunan. Rancangan penelitian yang digunakan adalahmetode penelitian kuantitatifyang terdiri dari tiga variabel, yaitu konsep diri dan keperdulian orang tua variabel bebas, sedangkan prestasi belajar dari nilai rapot semester genap tahun ajaran 2014 - 2015 sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis asumsiklasikdanregresi berganda dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16 for Windows.Dalam hal ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI dan XIIprogram keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo yang berjumlah 3 kelasuntukkelas XI dan 2 kelasuntukKelas XII dengan siswa sebanyak 142 orang. Metodepengumpulan data menggunakanmetodeanalisisdukumendanangket. Teknikanalisis data menggunakananalisisdeskriptifdananalisiskuantitatif. Instrument angetyaitutelahmemenuhisyaratvaliditasdanreabilitas. Hasilanalisisregresidisimpulkanbahwa (1) adapengaruhkonsepdiriterhadapprestasibelajarsiswa (r = 0,69, t = 0,815, sig 0,006 <0,05). (2) adapengaruhkeperdulian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswa ( r = 0,59, t = 0,003, sig 0,000 <0,05). (3) adapengaruhkonsepdiridankeperdulian orang tuaterhadapprestasibelajarsiswa (F = 16,605, sig 0,000<0,05) Implikasi dari hasil penelitian ini, bahwa dalam mendidiksiswa di sekolahperluadanyaperbaikankonsepdiri agar siswatersebutdapatberprestasi, agar tercapainyasemuaituperluadanyadoronganmotivasibaikdari orang tuadanjugadari guru untukmeningkatkankepercayaandirikhususyasiswa SMK Negeri 2 Probolinggo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44195

Actions (login required)

View Item View Item