Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oriduktif pada pProgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep / Moh. Jufridiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oriduktif pada pProgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep / Moh. Jufridiyanto

Jufridiyanto, Moh. (2016) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran oriduktif pada pProgram Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep / Moh. Jufridiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jufridiyanto Mohammad. 2015.Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Produktif pada Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Kalianget Sumenep. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata kunci evaluasi pelaksanaan pembelajaran pelajaran produktif model stake. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran produktif pada program keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu pada tahapan perencanaan (antecedent) pelaksanaan (transaction) penilaian(outcomes). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Stake. Subjek penelitian meliputi guru produktif dan siswa kelas X XI dan XII program keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi yang ditujukan pada guru mata pelajaran produktif dan siswa kelas XI dan XII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil analisis data menunjukkan pada tahap perencanaan (antecedent) pada Teknik Gambar Bangunan termasuk kategori baik (77 40%) sedangkan pada program keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk kategori baik (82 49%). Tahap pelaksanaan (transaction) pada program keahlian Teknik Gambar Bangunan termasuk kategori baik (80 17%) sedangkan pada program keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk kategori baik (78 55%). Dan tahap penilaian (outcomes) pada program keahlian Teknik Gambar Bangunan termasuk kategori baik (81 12%) sedangkan pada program keahlian Teknik Konstruksi Kayu termasuk kategori baik (76 96 %). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tahap perencanaan (antecedent) pelaksanaan (transaction) dan penilaian (outcomes) pembelajaran produktif pada program keahlian Teknik Gambar Bangunan dan Teknik Konstruksi Kayu termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran untuk meningkatkan kualitas perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran produktif yaitu (1) Guru perlu meningkatkan lagi kualitas perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP serta semua guru harus menyusun jobsheet agar membantu dalam pelaksanaan pembelajaran (2) Guru dalam pelaksanaan pembelajaran supaya lebih memperhatikan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan menggunakan metode mengajar yang lebih variatif dan menarik agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa (3) sebaiknya kepala sekolah mengevaluasi secara intensif perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru khususnya pada mata pelajaran produktif agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44190

Actions (login required)

View Item View Item