Hubungan antara hasil belajar PRAKERIN dan hasil belajar mata pelajaran menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Moh. Arif Alallah

Alallah, Moh. Arif (2016) Hubungan antara hasil belajar PRAKERIN dan hasil belajar mata pelajaran menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Probolinggo / Moh. Arif Alallah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alallah, MohArif. 2015. Hubungan Antara Hasil Belajar Prakerin dan Hasil Belajar Menggambar Perangkat Lunak dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 2Probolinggo.Skripsi.Program StudiPendidikanTeknikBangunan, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd (II) Drs. HadiWasito, Dip. Ed., M.Pd. Kata Kunci :Prakerin, Menggambar Perangkat Lunak, dan Kesiapan Kerja Hasil survey Biro Pusat Statistik (2014), diketahui banyaknya pengangguran dari lulusan SMK, berarti tujuan utama SMK untuk menciptakan tenaga kerja terdidik belum tercapai secara maksimal, dan SMK tersebut yang selama ini menjadi solusi untuk mengurangi pengangguran tidak lagi dapat diandalkan. Kurangnya kesiapan kerja merupakan salah satu aspek yang mempengarui banyaknya pengangguran, sehingga bagi lulusan SMK, pengalaman kerja diperoleh melalui pelaksanaan prakerin dan pengetahuan siswa tentang menggambar perangkat lunak selama di sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menghubungkan antara prakerin dan menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja. Dengan anggapan siswa yang menguasai mata pelajaran menggambar perangkat lunak dan prakerin dengan baik maka sudah siap dalam bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan antara hasil belajarprakerin dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Probolinggo, (2) hubunganantarahasil belajar menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Probolinggo, dan (3) Hubungan antara hasil belajar prakerin dan hasil belajar menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja siswa SMK Negeri 2 Probolinggo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel, yaitu variabel prakerin dan variabel menggambar perangkat lunak sebagai variabel bebas, sedangkan kesiapan kerja sebagai variable terikat. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlianTeknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo yang berjumlah sebanyak 62 siswa. Hasil penelitian: (1) ada hubungan antara hasil belajar prakerin dengan kesiapan kerja,(2) ada hubungan antara hasil belajar menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja, dan (3) ada hubungan antara hasil belajar prakerin dan hasil belajar menggambar perangkat lunak dengan kesiapan kerja. Diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk mengungkapkan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kesiapan kerja selain yang diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44189

Actions (login required)

View Item View Item