Ambarwati, Ayu (2016) Analisis kecepatan operasional nyata terhadap kecepatan perencanaan geometrik tikungan di ruas jalan Kalipare-Donomulyo (Bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang / Ayu Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ambarwati Ayu. 2015. Analisis Kecepatan Operasional Nyata Terhadap Kecepatan Perencanaan Geometrik Tikungan di Ruas Jalan Kalipare Donomulyo (Bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata kunci kecepatan operasional nyata kecepatan rencana perencanaan geometrik tikungan. Ruas jalan Kalipare Donomulyo Kabupaten Malang yang berada di bukit Rajekwesi merupakan salah satu pelayanan transportasi bagi pengguna jalan untuk berlalu lintas. Ruas jalan Kalipare Donomulyo (bukit Rajekwesi) terletak di daerah perbukitan yang masih masuk wilayah Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Dengan adanya ruas jalan ini dapat menghubungkan wilayah Kecamatan Kalipare sampai Kecamatan Donomulyo. Ruas jalan Kalipare Donomulyo (bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang adalah penampang jalan satu lajur dua arah tak terbagi tanpa marka. Ruas jalan yang tanpa marka pembagi namun dipergunakan sebagai jalan 2 arah dan memiliki tikungan-tikungan bersebelahan dengan jurang. Dan ketika konsistensi desain geometrik diperhatikan maka keselamatan lalu lintas akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perencanaan geometrik pada tikungan di ruas jalan Kalipare Donomulyo (bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang dan untuk mengetahui konsistensi rancangan geometrik pada tikungan di ruas jalan Kalipare Donomulyo (bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang. Perencanaan tikungan berdasarkan Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya No.013/1970 dan Peraturan Perencanaan Geometrik untuk Jalan Antar Kota No.038/T/BM/1997). Untuk aspek tinjauan konsistensi rancangan dengan kriteria (V85 Vdesain). Survei pengambilan data sesuai penelitian yang dilakukan pada tikungan jalan ke 1 8 dan 9. Penelitian ini dilakukan selama tiga hari. Hasil analisis pada tikungan ke 1 8 dan 9 di ruas jalan Kalipare Donomulyo (bukit Rajekwesi) Kabupaten Malang bentuk tikungan tersebut adalah Full circle (FC) dengan kecepatan rencana (Vr) adalah 30 km/jam. Didapatkan jari-jari lingkaran (R) yaitu 49 m di tikungan ke 1 jari-jari lingkaran (R) yaitu 51 m di tikungan ke 8 dan jari-jari lingkaran (R) yaitu 51 m di tikungan ke 9. Maka perlu dilakukan pelebaran jalan sebesar 0 83 m di tikungan ke 1 0 81 m di tikungan ke 8 dan 0 81 m di tikungan ke 9. Sedangkan kecepatan 85 persentil (V85) diambil dari survei kecepatan operasional nyata dengan jenis kendaraan sepeda motor mobil penumpang (sedan jeep station wagon) pick-up dan truk 2 as/6 roda. Dan kecepatan rencana (Vdesain) disesuaikan dengan klasifikasi jalan Kabupaten. Sehingga konsistensi rancangan geometrik pada tikungan jalan ke 1 8 dan 9 mempunyai nilai rancangan 10 km/jam maka nilai rancangannya ialah baik 8804 10 km/jam. Nilai rancangan tersebut baik artinya selisih kecepatan yang terjadi diijinkan. Kecepatan rencana boleh dilanggar sebesar 10 km/jam karena kecepatan rencana biasanya lebih rendah dari kecepatan operasional nyata (kecepatan lapangan) pada jalan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44188 |
Actions (login required)
View Item |