Hubungan prestasi mata kuliah Menggambar Teknik 2 dan motivasi mengerjakan pada prestasi mata kuliah Perancangan Gedung 1 Program Studiu S1 Perndidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Wike Yesi Oktaviyanti

Oktaviyanti, Wike Yesi (2016) Hubungan prestasi mata kuliah Menggambar Teknik 2 dan motivasi mengerjakan pada prestasi mata kuliah Perancangan Gedung 1 Program Studiu S1 Perndidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Wike Yesi Oktaviyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviyanti, Wike Yesi. 2015. Hubungan Prestasi Mata Kuliah Menggambar Teknik 2 dan Motivasi Mengerjakan pada Prestasi Mata Kuliah Perancangan Gedung 1 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Adjib Karjanto, S.T., M.T. (2) Drs. Eko Setyawan, S. T., M.T. Kata kunci: Prestasi Menggambar Teknik 2, Motivasi Mengerjakan, Prestasi Perancangan Gedung 1 Prestasi belajar merupakan hasil usaha yang dilakukan mahasiswa dalam mencapai tujuan belajar dan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan mahasiswa dalam menempuh mata kuliah tersebut. Mata kuliah Perancangan Gedung 1 sering menjadi masalah bagi tingkat kelulusan mahasiswa. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah dalam penyelesaian mata kuliah Perancangan Gedung 1, seperti kurang memahami materi mata kuliah pendukung Perancangan Gedung 1, dan kurangnya motivasi mengerjakan pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adakah hubungan antara prestasi dalam mata kuliah Menggambar Teknik 2 dan prestasi dalam mata kuliah Perancangan Gedung 1, (2) mengetahui adakah hubungan antara motivasi mengerjakan Perancangan Gedung 1 dan prestasi dalam mata kuliah Perancangan Gedung 1, dan (3) mengetahui adakah hubungan antara prestasi mata kuliah Menggambar Teknik 2 dan motivasi mengerjakan pada prestasi dalam mata kuliah Perancangan Gedung 1 Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 81 mahasiswa. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang baru pertama kali mengambil mata kuliah Perancangan Gedung 1 pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson dan analisis korelasi ganda. Berdasarkan hasil analsis data, diperoleh tiga simpulan sebagai berikut: Pertama, terdapat hubungan positif yang signifikan dan termasuk interprestasi koefisien korelasi pada kriteria sedang antara prestasi Menggambar Teknik 2 dan prestasi Perancangan Gedung 1. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan dan termasuk interprestasi koefisien korelasi pada kriteria rendah antara motivasi belajar dan prestasi Perancangan Gedung 1. Dan ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan dan termasuk interprestasi koefisien korelasi pada kriteria sedang antara prestasi Menggambar Teknik 2 dan Motivasi belajar secara bersama-sama pada prestasi Perancangan Gedung 1 pada program studi S1 Pendidikan Teknik Banguanan Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2012/2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44186

Actions (login required)

View Item View Item