Penerapan strategi pemberlajaran pelatihan (training) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran survey pemetaan kelas X Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang / Citra Karelawati

Karelawati, Citra (2016) Penerapan strategi pemberlajaran pelatihan (training) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran survey pemetaan kelas X Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang / Citra Karelawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karelawati, Citra. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Pelatihan (Training) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Survey Pemetaan Kelas X GB Di SMK Nasional. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Dr. H. Tri Kuncoro, M. Pd. 2) Drs. I Made Oka Mulya, M. Pd. Kata Kunci: pembelajaran pelatihan (training), aktifitas belajar, hasil belajar, mata pelajaran ilmu survey pemetaan. Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan sengaja. Proses pembelajaran setidaknya harus melibatkan dua komponen yang saling terkait satu sama lain, yaitu pendidik (teachers) dan peserta didik (learners). Guru sebagai tenaga pendidik dalam proses pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan serta penerapan proses pembelajaran seperti apa yang akan dilaksanakan karena merekalah yang berhubungan langsung dengan peserta didik.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X jurusan Gambar Bangunan di SMK Nasional dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran pelatihan (training). Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan secara bersiklus. Pada masing-masing siklus direncanakan berlangsung selama dua minggu dengan dua kali pertemuan dan satu kali tes/tugas. Adapun rancangan penelitian yang dilakukan peneliti adalah sebagai berikut: (1) tahap perencanaan tindakan, (2) tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, (3) tahap refleksi, (4) tahap revisi. cara pengumpulan data meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajatan pelatihan (training) dengan tahap sebagai berikut : (1) menjelaskan tujuan, (2) menjelaskan materi. (3) mendemonstrasikan unjuk kerja, (4) latihan praktik simulasi, (5) latihan pengalihan, (6) melakukan kunjungan industri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peningkatkan aktivitas belajar siswa lebih aktif untuk melakukan kegiatan praktik kerja. Hal ini ditunjukkan rata-rata indikator aktivitas siklus I didapat skor 62,20% sedangkan siklus II didapat 78,60%, kenaikan rata-rata indikator aktivitas sebesar 16,40%; (2) Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan hasil praktik kerja siklus I pada skor rata-rata penilaian afektif 1,99, psikomotorik 1,96, kognitif 1,89 dan siklus II dalam penilaian afektif 3,24, psikomotorik 3,44, kognitif 3,48. Persentase peningkatan dari siklus I ke II,nilai afektif meningkat sebesar 1,25, nilai psikomotorik meningkat sebesar 1,43, dan nilai kognitif terjadi peningkatan skor sebesar 1,59

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44185

Actions (login required)

View Item View Item