Efektivitas belajar mandiri dengan tutorial VCD multimedia interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo / Vicky Zulkifli Zamanta

Zamanta, Vicky Zulkifli (2016) Efektivitas belajar mandiri dengan tutorial VCD multimedia interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo / Vicky Zulkifli Zamanta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zamanta, Vicky Zulkifli. 2015. Efektivitas Belajar Mandiri dengan Tutorial VCD Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno, S.T., M.Pd. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo, M.Pd. Kata kunci: tutorial VCD multimedia interaktif, prestasi belajar menggambar dengan perangkat lunak. Pemanfaatan media belajar sangatlah mendukung ketika terjadi penyampaian materi, dimana materi tersebut bisa diterima oleh siswa dengan baik. Dalam proses belajar mengajar guru harus menyediakan suatu alat atau media ajar untuk mentransfer materi kepada siswa. Sebagai penunjang terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran berbentuk tutorial VCD multimedia interaktif untuk mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak sebagai salah satu alternatif pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan tutorial VCD multimedia interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif yang akan menguji efektivitas penggunaan tutorial VCD multimedia interaktif terhadap prestasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang biasa dilaksanakan. Penelitian teridiri dari dua variabel yaitu varibel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan tutorial VCD multimedia interaktif dan kelas konvensional yang menggunakan media pembelajaran biasa. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB1 dan siswa kelas X TGB2 program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 49 siswa. Data pada penelitian ini diambil dari prestasi belajar siswa mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedan prestasi pada masing-masing kelas dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tutorial VCD multimedia interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 85,75 sedangkan pada kelas konvensional sebesar 78,24. Dengan nilai signifikan 0,011<0.05 dan uji-t diperoleh thitung = 2.650>2.0117(df47;0.05) dengan kata lain H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44180

Actions (login required)

View Item View Item