Analisis Pemetaan dan Penyelarasan Kurikulum Praktik Kerja Lapangan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Sesuai dengan Kebutuhan IDUKA Berbasis KKNI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Pemetaan dan Penyelarasan Kurikulum Praktik Kerja Lapangan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Sesuai dengan Kebutuhan IDUKA Berbasis KKNI

Prahistya, Galih (2023) Analisis Pemetaan dan Penyelarasan Kurikulum Praktik Kerja Lapangan SMK Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video Sesuai dengan Kebutuhan IDUKA Berbasis KKNI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tantangan pendidikan kejuruan semakin kompleks mengancam lulusan SMK yang bisa jadi menganggur karena pergeseran kompetensi yang dibutuhkan industri dan terciptanya lapangan pekerjaan baru. Pemerintah merespon permasalahan tersebut dengan meluncurkan program SMK Pusat Keunggulan (PK) yang didalamnya terdapat implementasi kurikulum merdeka dan link & match antara SMK dengan IDUKA. Namun pelaksanaan PKL di SMKN 1 Tamanan masih menemui beberapa kendala yaitu: (1) peserta PKL yang belum mengenal IDUKA, (2) keluhan terkait lokasi penempatan IDUKA, (3) Guru Pembimbing yang harus mencarikan tempat IDUKA baru karena peserta PKL tidak nyaman, dan (4) IDUKA yang mengeluh kepada pihak SMK karena kompetensi dasar yang dibutuhkan IDUKA banyak yang belum dikuasai oleh peserta PKL. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk dilakukan guna mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi tentang capaian pembelajaran PKL yang didapatkan dengan menganalisis kompetensi yang dibutuhkan IDUKA dengan kurikulum yang diajarkan di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus karena peneliti ingin mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah-masalah mengenai pemetaan dan penyelarasan kurikulum antara SMK dengan IDUKA dalam hal penyelenggaraan PKL. Teknik pengambilan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada beberapa narasumber yaitu: Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat, Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video, Guru Pembimbing PKL, dan Instruktur dari IDUKA. Data tersebut kemudian diolah menggunakan analisis triangulasi data yang kemudian disederhanakan sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan yang sesuai dengan fokus penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa IDUKA TAV dapat dipetakan menjadi tiga kategori yaitu manufaktur produk TAV, perawatan dan perbaikan elektronika rumah tangga, dan instalasi peralatan TAV. Setelah dipetakan, maka peneliti dapat menganalisis hard skill dan soft skill yang dibutuhkan oleh IDUKA berdasarkan karakteristik kompetensi dari ketiga kategori IDUKA tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar IDUKA lebih mengutamakan soft skill daripada hard skill. Hal ini juga didukung oleh beberapa penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil yang serupa. Hadirnya kurikulum merdeka yang ada di SMK juga mendukung penerapan soft skill dengan proporsi alokasi waktu jam pelajaran yang lebih banyak daripada hard skill. Penerapan kurikulum merdeka ini juga dapat menyelaraskan kurikulum SMK dengan kompetensi yang dibutuhkan IDUKA, salah satunya pada saat penyelenggaraan PKL. Berdasarkan temuan dan hasil analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa capaian pembelajaran PKL dapat disusun berdasarkan analisis kompetensi yang dibutuhkan IDUKA yang lebih mengutamakan soft skill daripada hard skill. Capaian pembelajaran tersebut juga dapat diimplementasikan dalam bentuk projek penguatan profil pelajar pancasila yang ada dalam kurikulum merdeka. Selain itu peneletian ini juga merekomendasikan beberapa hal sebagai berikut: (1) SMK diharapkan mempersiapkan peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan sehingga proses pelaksanaan PKL dapat berjalan lancar, (2) IDUKA diharapkan selalu berkomitmen untuk bekerjasama dengan SMK terutama dalam hal praktik kerja lapangan dengan cara berkomunikasi lebih intens baik formal maupun informal, dan (3) SMK agar melakukan analisis kurikulum yang mendalam dan selalu berkomunikasi dengan IDUKA untuk melakukan pembaharuan terkait kompetensi yang dibutuhkan serta melakukan perbaikan terhadap faktor penghambat keselarasan kurikulum dan pemetaan kompetensi seperti yang ada pada kesimpulan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:45
Last Modified: 25 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4418

Actions (login required)

View Item View Item